Honda Civic Turbo Hatchback 2017 akan Rilis di Paris Motor Show, ini Tampilan dan Fiturnya

CaruserMagz.com – Honda Eropa secara resmi mengumumkan kehadiran Honda Civic Turbo Hatchback melalui pressrelease di laman resminya, hondanews.eu. press rilis ini merupakan pengungkapan pra peluncuran resmi di ajang Paris Motor Show, Prancis pada awal Oktober 2016.

Honda Civic Turbo Hatchback 2017
Honda Civic merupakan salah satu produk global yang legendaris dari Honda Motors Corporation. Hingga sangat terkenal di Eropa dan Honda menjulukinya dengan slogan “Mobil untuk semua orang, mobil untuk dunia“. Honda Civic hatchback mengusung desain yang tajam khas Honda masa kini, kepraktisan yang berlimpah dan dengan fokus baru, yaitu pengendalian yang dinamis dan kenikmatan mengemudi.

Honda Civic Turbo Hatchback 2017 – depan – belakang

Honda Civic hatchback ini akan memulai debut globalnya di pasar Eropa pada awal tahun 2017. Produksi akan dipusatkan di Turki, kabar yang beredar bahwa mobil ini juga akan diproduksi di Inggris. Sedangkan untuk pasar Asia, kemungkinan besar Honda Civic juga akan meramaikan pasar otomotif tanah air, bahkan ada kemungkinan Honda Civic Turbo Hatchback ini akan dirakit di dalam negeri juga.

Fokus pada Pengendalian dan Kenikmantan Mengemudi

Civic hatchback didesain untuk memberikan pengendalian yang sempurna, seperti sistem suspensi yang canggih, body yang kuat tapi ringan, desain aerodinamis dengan double spoiler di belakang. Semua rancangan itu ditujukan untuk kenikmatan mengemudi.
Honda Civic Turbo Hatcback – Penampakan Depan Belakang
Selain kenikmatan mengemudi, desain Civic Turbo jelas memberikan prestise tersendiri khususnya bagi orang-orang muda. Eksterior sporty yang tajam dari depan hingga belakang memberi kesan stylist dan tenaga yang besar.
Untuk mendukung pengendalian yang sempurna dan tenaga yang besar, Honda membangun platform unibody yang baru dengan tingkat presisi yang lebih rapat dibanding Civic versi sebelumnya. Honda mengklaim Civic baru ini lebih ringan 16kg dari versi lawas berkat pemilihan material yang lebih ringan, lebih kuat dan proses perakitan yang lebih presisi.
Honda juga mengklaim New Civic Hatchback ini mempunyai rigiditas binding pada sasis 65% lebih baik dan meningkatkan 41% rigiditas torsional dibanding versi sebelumnya. Hal tersebut dicapai dengan inovasi dalam proses perakitan mobil.

Mesin dan Tenaga

Untuk power train, Honda Civic Turbo Hatchback akan disediakan 2 pilihan mesin VTEC TURBO, yaitu mesin  1 liter 3 silinder dan 1.5 liter 4 silinder. Kedua mesin tersebut akan memiliki varian transmisi otomatis CVT dan manual, masing-masing dengan 6 percepatan.
Mesin 1liter turbocharge tersebut menghasilkan tenaga maksimum 129PS pada 5.500rpm, torsi 200Nm pada 2250rpm untuk transmisi manual, dan 170 Nm pada 4500rpm untuk tranmisi otomatis.
Sedangkan mesin yang berkapasitas 1.5 liter, diklaim menghasilkan tenaga yang lebih besar dari Civic versi lawas yang bermesin 1.8 liter. Tenaga mesin 1.5 liter dengan turbo ini menghasilkan tenaga 182PS pada 5500rpm, torsi 240Nm/1900rpm untuk transmisi manual dan 220Nm/1700rpm untuk transmisi otomatis.

Interior Berkualitas Premium dan Lapang

Dengan dimensi yang lebih panjang dan lebih lebar (PxLxT = 4.497 x 1.800 x 1.421 mm), ada banyak yang bisa dilakukan Honda untuk menambah keluasan kabin. Honda Civic baru ini mempunya wheelbase 2,7 meter yang lebih panjang 3 cm dari versi lawas.
Driving position diturunkan 3,5 cm, A-pillar diperkecil 9 cm, dan visibilitas ke jalan ditingkatkan dengan menambah satu derajat eyeline. Semua itu didesain untuk kenyaman yang lebih baik pada pengemudi. 
Interior Honda Civic Turbo
Selain itu, dibanding versi lawas, penumpang depan akan menikmati ruang bahu yang lebih lebar 1 cm dan jarak antar kursi depan ditambah 3 cm. Sedangkan penumpang belakang akan mendapat ruang kaki yang lebih luas hingga 9,5 cm dibanding Civic versi sebelumnya.
Kualitas interior Honda Civic Turbo Hatchback ini tidak perlu diragukan lagi, karena ini adalah premium hatchback. Bahan dashboard, instrument dan konsol tengah merupakan bahan berkualitas tinggi dan bermotif softtouch.
Bagasi sangat luas dikelasnya, hingga 478 liter saat posisi kursi belakang terpasang. Dengan sandaran kursi belakang dilipat sempurna rata lantai, akan mengasilkan ruang bagasi hingga 1120 liter. Kursi belakang juga dapat dilipat sebagian dengan formasi 60:40.

Bertabur Fitur Keselamatan Aktif (Honda SENSING) dan Pasif

Honda Civic Hatchback ini dilengkapi dengan berbagai teknologi keselamatan terkini, khususnya untuk model yang akan dijual di pasar otomotif Eropa. Berikut berbagai teknologi keselamatan aktif yang ada pada Civic Turbo:
Collision Mitigation Braking System: Menghentikan mobil secara otomatis jika sensor membaca akan terjadi tabrakan dengan mobil di depan.
Lane Departure Warning: Memberikan indikasi bahwa mobil keluar jalur, jika lampu lampu sein tidak dinyalakan.
Road Departure Mitigation: Mendeteksi apakah mobil berpotensi keluar dari jalan dengan bantuan sensor kamera.  Fitur ini terhubung dengan Electric Power Steering (EPS) untuk secara otomatis menjaga posisi mobil di jalurnya, dan bahkan bisa mengaktifkan rem jika benar-benar akan keluar jalur.
Lane Keeping Assist System: Dengan sensor kamera pada garis jalan, fitur ini menjaga posisi mobil di tengah jalurnya. Fitur ini juga memberi sedikit bantuan pada setir untuk mempertahankan posisi mobil pada jalur.
Adaptive Cruise Control: Fitur ini menbantu menjaga jarak dengan kondaraan yang ada di depannya.
Traffic Sign Recognition: Mendeteksi sinyal di jalan seperti lampu merah dan lain-lain secara otomatis dan menginformasikannya melalui instrument di dalam mobil.
Intelligent Speed Assistance: Menggabungkan batas kecepatan minimum yang diseting pengemudi dan kecepatan optimum sesuai kondisi rambu-rambu jalan. Sehingga mobil terjaga pada kecepatan yang aman.
Intelligent Adaptive Cruise Control: Memprediksi dan secara otomatis bereaksi jika ada kendaraan lain yang memotong jalan, pada jalan tol yang banyak jalur.
Fitur keselamatan terbaru yang disematkan antara lain:
Blind Spot Information: Menggunakan teknologi radar untuk mendeteksi secara otomatis dan memberikan peringatan akan adanya kendaraan lain di area yang tidak dapat terlihat oleh pengemudi (blind spot).
Cross Traffic Monitor: Memberikan indikasi adanya kendaraan di belakang yang mendekat melalui sensor di belakang.
Multi-angle rear view camera: Memberikan visibilitas yang lengkap saat mundur untuk parkir.
Untuk versi Indonesia, sepertinya banyak dari fitur canggih tersebut tidak dapat diaplikasikan, mengingat kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas di negara kita yang tidak memadai.
Semoga tidak terlalu banyak pengurangan spesifikasi, fitur dan kualitas bahan interior saat Civic Turbo Hatchback ini dibawa ke pasar otomotif Tanah air.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Honda Civic Turbo Hatchback 2017 akan Rilis di Paris Motor Show, ini Tampilan dan Fiturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *