Honda Civic Tipe R Punya Teknologi dan Performa Mobil Balap

 

CaruserMagz.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan versi racing dari hatchback mewahnya yaitu Civic tipe R untuk pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di BSD-Tangerang, pada Kamis, 10 Agustus 2017.

 

Honda All New Civic Turbo tipe R ini diluncurkan dengan tema “Born To Race”, hatchback sporty ini menghadirkan teknologi dan performa mobil untuk lintasan balap. Jadi ini adalah Civic versi sport.

 

“Honda Civic Type R adalah model yang dikembangkan untuk mencerminkan semangat dan kecintaan Honda terhadap dunia balap. Karakter sport dari Civic Tipe R juga bukan hanya terlihat dari keunggulan spesifikasi di atas kertas, namun telah teruji di berbagai lintasan balap termasuk melalui prestasinya sebagai mobil penggerak roda depan dengan rekor Lap Time tercepat di sirkuit Nürburgring. Hal ini sekali lagi menunjukkan komitmen Honda untuk menghadirkan produk-produk terbaiknya untuk konsumen di Indonesia,” papar Takehiro Watanabe selaku President Director PT HPM.

 

Menurut Jonfis Fandy, selaku Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Civic tipe R memberikan nilai lebih bagi konsumen Indonesia, karena hatchback ini mempunyai 3 pilihan mode berkendara, sehingga menjanjikan kemikmatan mengemudi.

 

“Honda Civic Tipe R dipersembahkan untuk pencinta mobil sejati yang menginginkan performa dan teknologi yang telah teruji dari sebuah model sport. Civic Type R juga telah dibekali dengan 3-driving mode yang memungkinkan konsumen selalu mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan baik di lintasan balap maupun di jalan raya. Dengan demikian, kami percaya Civic Type R akan memberikan nilai lebih dan menjadi pilihan menarik bagi peminat mobil sport di Indonesia.” Jelas Fandy.

 

Harga

 

Honda Civic Type R dibanderol dengan harga Rp. 995 Juta untuk OTR wilayah jadebotabek. Namun bagi konsumen yang memilih warna dengan bahan dasar Metallic dan Pearl dikenakan penambahan biaya Rp 2 juta.

 

Eksterior Sporty dan Aerodinamis

 

Honda Civic Tipe R tampil agresif dengan Underbody Spoiler Kit, Emblem Type R dan Aluminium Hood untuk mengatur asupan aliran udara di dalam ruang mesin. Front grille solid wings yang terlihat futuristic dan agresif menjadi wajah Civic turbo racing ini, ditambah full LED headlights dan LED fog light yang memberi kesan modern.

 

Di bagian samping Honda Civic Type R dilengkapi Vented Front Fender, Side Sill Flick Up dan Alloy Wheel 20 inci.

 

Penampakan belakang, terlihat  Triple Exhaust with Finisher, Rear Wing Spoiler dan Voltex Generator menambah kesan sporty dan memberi identitas Honda Civic Tipe R sebagai sports car.

 

Interior Sporty dan Canggih

 

Interior Honda Civic Tipe R terlihat lebih sporty dengan lambang merah ikonik. Aura sporty juga tercermin dari Sports Seats dengan style jahitan merah. Lingkar kemudi dibalut bahan dasar kulit berwarna merah dan hitam dengan garis heksagonal. Ditambah garis halus berwarna merah pada bagian dashboard yang menyambung sampai ke panel doortrim.

 

Interior Honda Civic Type R 2017 Indonesia
Interior Honda Civic Type R 2017 Indonesia

 

Untuk fitur hiburan, Honda Civic Tipe R dilengkapi head unit layar sentuh 7 inci  yang kompatibel dengan USB, MP3, WMA, HDMI, Bluetooth, dan Handsfree-Telephone. Audio Steering Switch dan Cruise Control button menjadi hiasan yang fungsional pada palang kemudi.

 

Fitur i-MID menampilkan berbagai macam fungsi yang memudahkan pengendara untuk mengetahui berbagai kondisi mobil secara real-time. Antara lain tampilan mode mengemudi (+R, Sport, Comfort), Throttle/Brake input display, G-Meter dan lap time recorder.

 

Pilihan Warna

 

Honda Civic Type R tersedia dalam 6 pilihan warna, yaitu: Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Championship White dan Sonic Gray Pearl serta Crystal Black Pearl dan Polished Metal Metallic tersedia di tahun 2018.

 

Mesin dan Tenaga

 

Honda Civic tipe R ditenagai oleh mesin 2-liter berteknologi VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 310 ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm.

 

Tenaga besar tersebut disalurkan ke roda depan oleh transmisi manual 6-percepatan yang disempurnakan oleh rev match system sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

 

Pengendalian

 

Untuk memberikan kenikmatan mengemudi di setiap situasi jalan, disediakan tiga mode mengemudi, yaitu Comfort untuk berkendara sehari-hari, Sport untuk berkendara lebih sporty, dan +R untuk sensasi berkendara di sirkuit  balap .

 

Honda Civic Racing ini juga dilengkapi sasis, suspensi, dan setir yang lebih responsif dan juga kestabilan di kecepatan tinggi yang ditingkatkan. Di bagian depan, Civic R dilengkapi suspensi MacPherson Strut yang meminimalkan torsi pada setir namun memaksimalkan handling.

 

Sementara di bagian belakang, dilengkapi suspensi multi-link yang membuat mobil ini lebih stabil saat pengereman serta mengurangi efek limbung saat di tikungan.

 

Honda Civic Tipe R ini juga dipersenjatai dengan four-wheel Adaptive Damper System yang memberikan kualitas berkendara superior dan performa yang luar biasa.

 

Fitur Safety / Keselamatan

 

Honda Civic Tipe R dilengkapi berbagai fitur keselamatan kelas dunia. Performa racingnya memerlukan fitur safety yang lebih baik untuk menjamin keselamatan penumpang.

 

Berikut daftar fitur safety Honda Civic tipe R:
6 airbags, ISOFIX & Tether, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA ), Anti-Lock Braking System (ABS) yang dikombinasikan dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta Brake Assist (BA).

 

Fitur keamanan lainnya antara lain:
Immobilizer, Alarm System, Walk Away Auto Door Lock, Rain Sensing Windshields wipers, Speed Sensing Auto Door Lock by Speed, Smart Entry System plus One Push Ignition System, dan Lane WatchTM yang meminimalisir blind spot area dengan memberikan view lebih luas pada samping kiri.

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *