Honda City dan Odyssey Facelift 2017 Diluncurkan dengan Perubahan Minor

CaruserMagz.com – Dalam quartal pertama 2017 ini, Honda Indonesia sudah melakukan 2 kali prosesi peluncuran facelift, yaitu Honda Mobilio facelift 2017 yang dirombak wajah dan ditambah beberapa fitur.

 

Kemarin, 16 Maret 2017, Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan versi facelift dari Honda City dan Honda Odyssey, dengan ubahan ringan. Tak cukup disitu, akan ada juga peluncuran Honda CR-V 7 seater pada bulan April 2017 mendatang.

 

HPM sepertinya sedang gencar melakukan pengembangan bisnisnya di Indonesia. Setelah tahun lalu menambah puluhan dealer di seluruh Indonesia, pada tahun 2017 ini, HPM dengan gesit memperkenalkan penyegaran-penyegaran pada mobil-mobil terlarisnya.

 

Honda Indonesia sedang naik daun, saat pabrikan lain mengalami penurunan jumlah penjualan, Honda menjadi satu-satunya pabrikan mobil yang berhasil meningkatkan angka penjualan ditengah geliat pasar otomotif yang sedang melemah. Jadi wajar saja jika HPM begitu bersemangat terus melakukan inovasi, bahkan kabar yang kami dengar, HPM akan terus menambah puluhan dealer hingga ke kota-kota kabupaten di berbagai daerah pada 2017 ini.

 

Dua mobil yang disegarkan tampilannya pada prosesi buka tudung (16/3/2017) ini adalah Honda City, mini sedan andalan Honda dalam bersaing dengan Toyota Vios, dan Honda Odyssey, MPV mewah yang lumayan lebih murah dibanding Toyota Alphard tipe standar, tapi jauh lebih mahal jika dibanding Innova. Mari kita bahas satu persatu:

 

Honda City Facelift 2017

 

Secara keseluruhan tidak ada perubahan aura Honda City facelift 2017 ini dibanding versi sebelumnya.  Ubahan minor yang dilakukan adalah pada bagian wajah dan desain velg. Grill beraksen chrom lebar yang seperti sayap bagi logo Honda,  membentang terintegrasi dengan headlamp-nya.

 

Perubahan selanjutnya adalah bumper depan dan rumahan foglamp yang baru. Bumper belakang juga sedikit mendapat sentuhan pada bagian bawah, yang katanya lebih sporty. Tak ketinggalan desain velg 16 inchi dirubah dengan lima spoke yang lebih banyak garis-garisnya. Spion samping sudah dihiasi lampu sein LED dan fitur retractable.

 

Powertrain small sedan ini tidak berubah dari versi lama, yaitu mesin 1500cc 4-silinder i-VTEC dengan tenaga maksimum 120 PS pada 6600rpm dan torsi 145 Nm pada 4600rpm.

 

Tenaga tersebut menggerakkan roda depan dengan penghubung transmisi manual 5 percepatan atau otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology yang dilengkapi shift hold technology, grade logic control, dan active lock up control. Pada versi matic, sudah tersedia paddleshift di belakang lingkar kemudi untuk yang  butuh mengemudi secara agresif.

 

Honda City facelift 2017 ini dijual dengan harga 312 juta rupiah untuk varian transmisi manual dan 322 juta rupiah untuk versi matic. Itu adalah harga yang lebih murah dibanding Toyota Vios tipe G, yang berharga 316 hingga 332 juta rupiah. Tapi tetap lebih mahal dibanding Toyota Vios standar yang berharga 299 hingga 316 juta rupiah.

 

 

Honda Odyssey Facelift 2017

 

Odyssey facelift 2017 ini terhitung merupakan generasi kelima. Facelift ini dapat dikatakan sangat minor, karena hanya berubah sedikit pada bagian wajahnya. Fascia depan MPV mewah ini masih mengusung solid wings design dengan grill lebar.

 

Bedanya hanya pada aksen chrom pada grill yang diganti warna hitam berkelir hitam piano. Garnish chrom disekeliling lampu kabut juga diganti menjadi warna hitam saja.

 

Warna wajah yang serba hitam ini sebenarnya sudah ada pada versi mugen dari Odyssey 2016, hanya saja, chrom lebar dihidung mobil ini turut berwarna hitam, sedangkan pada facelift 2017 ini bagian tersebut tetap beraksen chrom. Selain wajah, hal yang nampak berubah hanya desain velg yang jadi lebih simpel namun tetap berukuran 17 inchi.

 

Sekedar informasi, Odyssey merupan MPV mewah Honda yang sangat mudah dikenali di jalanan, karena tubuhnya yang panjang, tapi dimensinya rendah hingga ground clearance-nya seperti mobil sedan.

 

Maka wajar, kenyaman dalam mobil ini setara dengan sedan, tapi punya ruang kabin selega Toyota Innova. Odyssey memang dirancang hanya untuk kendaraan perkotaan dengan kontur jalan yang bagus tanpa cela. Jika sobat berada di daerah yang jalannya kurang ramah, Odyssey bukanlah pilihan yang bijak.

 

Desain interior yang mewah dengan kualitas bahan super bagus sudah menjadi standar MPV Honda ini. Kursinya mampu menampung hingga 7 penumpang dengan legroom yang lega dan posisi duduk yang ergonomis hingga serileks duduk di mobil sedan. Baris kedua adalah captain seat yang memberi privasi pada penumpangnya.

 

Fitur-fitur yang memberi kenikmatan mengemudi tersedia pada semua tipe, seperti drive by wire, ECON mode dan Paddleshift. Nuansa premium juga berlimpah dengan adanya sliding sunroof, rear monitor, rear auto AC controller, power sliding door, serta side sunshade untuk mengurangi panas matahari dari luar kabin.

 

Dibalik kap depan adalah mesin i-VTEC 2400cc 4-silinder yang bertenaga 175 PS/6200rpm dan torsi 23 kgm/4000rpm, yang disalurkan ke ban depan dengan transmisi CVT earth Dreams Technology khas Honda dilengkapi dengan grade logic control dan shift hold control yang disebut lebih halus dan irit.

 

Dengan perubahan minor pada wajahnya yang berkurang garnish chrom, harga Honda Odysse 2017 ini malah naik 4,2 juta rupiah, yaitu hingga 718 Juta. Sedangkan versi lama harganya adalah 713,8 juta rupiah. Ya, bagi peminat mobil semewah ini, uang 4 juta rupiah seharusnya bukanlah masalah besar.

 

Facelift ini jadinya seperti “PING” pada chat bbm messanger, sekedar mengingatkan konsumen Indonesia, bahwa masih ada Odyssey dan Honda City lho! Perubahannya super minim, tapi gemanya super besar. Ini strategi bisnis yang cukup brilian, “less effort gains big benefit“.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *