Honda Brio akan Punya Versi Listrik (EV)

CaruserMagz.com – Sudah kita ketahui bersama bahwa arah perubahan dunia otomotif adalah peralihan dari mesin bakar (combustion engine) ke mobil listrik atau Electric Vehicles (EV). Ternyata Honda juga tak mau ketinggalan untuk segera menerapkan teknologi EV ini pada mobilnya yang sudah eksis di pasar.

 
Namun kabar ini bukan berhembus dari Jepang sebagai negeri asal Honda yang dikenal dunia sebagai salah satu pusat perkembangan teknologi otomotif.  Kabar ini berasal dari India dan mobil yang dimaksud adalah Honda Brio.

 
Di India Honda Brio punya versi sedan yan bernama Honda Amaze.  Ternyata Honda India ingin menambah satu lagi versi Brio, yaitu mobil listrik atau bisa kita sebut Honda Brio EV.

 
Sebenarnya Honda Brio merupakan basis dari hampir semua mobil penumpang Honda untuk kelas menengah ke bawah. Sebut saja ada Honda Mobilio, Honda BR-V dan amaze di India. Semuanya satu platform dengan Brio, bahkan tampilan eksterior mirip dan interior dengan dashboard yang sama persis.

 
Honda India memang berkeinginan menghadirkan mobil listrik. Ketimbang membuat mobil yang benar-benar baru, Honda memilih hanya menerapkan teknologi motor listrik pada platform mobil yang sudah ada di pasaran. Dengan demikian ada banyak biaya yang bisa dihemat, seperti tidak perlu lagi research mengenai berbagai hal terkait desain mobil dan juga sisi marketing akan lebih mudah karena Honda Brio sudah dikenal baik dan disukai di India.

 
Untuk project tersebut, pihak principle Honda dari Jepang akan membangun pabrik baterai Lithium Ion di India. Jadi kemungkinan Honda Brio EV ini akan menjadi project percobaan mobil listrik untuk pasar India yang cukup pesat pertumbuhannya. Jika sukses, kemungkinan mobil listrik untuk untuk versi yang lebih besar seperti Mobilio juga akan dihadirkan.

 
Baca juga: Begini Wajah Honda Brio Facelift, Diumumkan di Majalah Otomotif India

 
Pemerintah India sendiri telah mengumumkan bahwa India akan memasuki era mobil listrik pada tahun 2030. Itu terdengar masih lama, tapi untuk perubahan di dunia otomotif itu adalah waktu yang singkat, hanya 13 tahun dari sekarang. Mungkin mobil yang kita beli hari ini, masih layak digunakan saat teknologi EV telah marak di pasaran dan mobil kita sudah seperti mobil antik saja.

 
Maka sangat masuk akal jika berbagai pabrikan mobil sudah mulai membuat mobil listrik yang murah untuk kalangan menengah ke bawah. Bukan mobil listrik super mewah seperti Tesla, Prius atau Ioniq.

 
Honda India merencanakan membuat Brio versi listrik ini menjadi mobil masal sehingga menyumbang penjualan yang banyak. Hal itu selaras dengan karakter konsumen otomotif di India yang mirip-mirip dengan Indonesia, yaitu menginginkan mobil yang murah, fungsional dan irit biaya operasionalnya.

 
Jika Brio EV yang dibuat dibanderol dengan harga terlalu mahal, alamat mobil tersebut bernasib sama dengan Suzuki SCross yang tidak begitu laku di India karena dinilai kemahalan.

 
Sayangnya berita ini baru pengumuman tentang rencana Honda India di masa mendatang. Belum ada deskripsi lebih detail akan seperti apa wujud dan spesifikasi dari Honda Brio EV yang dimaksud. Juga tidak ada desas-desus dari Honda di Indonesia terkait hal ini.

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *