Hasil F1 GP Sepang-Malaysia 2016 jadi Milik Red Bulls, Ricciardo dan Verstappen Kuasai Podium

CaruserMagz.com – Pembalap Red Bulls Racing Team kuasai balapan Formula-1 (F1) GP Malaysia 2016, di Sirkuit Internasional Sepang, Minggu 2 Oktober 2016. Daniel Ricciardo raih podium pertama. Max Verstappen di podium kedua dan Nico Rosberg berhasil mempertahankan puncak klasemen sementara dengan podium ketiga. 
Daniel Ricciardo, Juara F1 GP Sepang, Malaysia (02/10/2016)
Nasib sial menimpa Lewis Hamilton yang sangat berharap bisa memenangkan GP Sepang ini, untuk kembali merebut puncak klasemen dari rekan setimnya. Bencana itu adalah mesin mobil Hamilton yang terbakar pada lap ke-41, kejadian tersebut mengubur harapannya memenangkan GP Malaysia. Padahal Hamilton konsisten memimpin balapan, walau Verstappen sempat mengambil alih posisi terdepan saat Hamilton masuk pit.
Oooh.. No.. No…” Teriak Hamilton yang terdengar dari radio komunikasi, saat dia mengetahui mesinnya telah terbakar. “Saya bisa lebih baik dari ini” ungkapnya dengan kesal saat sudah kembali ke pit. 
Ketidak beruntungan juga menimpa Nico Rosberg, mobilnya melintir pada tikungan pertama setelah start, hingga dia tercecer di belakang semua pembalap lainnya. 
Kejadian itu terjadi karena kecerobohan Sebastian Vettel (Ferrari) yang nekad mengambil sisi dalam dengan posisi wheel-to-wheel dengan Max Verstappen, sehingga saat Rosberg mengambil jalurnya, ban belakang Rosberg menghantam Ban depan Vettel.
Rosberg sangat kesal dengan kejadian itu, “Sungguh.. Sebastian benar-benar gila” ungkapnya dari radio komunikasi. Nico Rosberg masih bisa melanjutkan balapan karena kondisi mobilnya utuh, sedangan Vettel harus keluar dari balapan lebih awal karena ban depan sebelah kirinya ambruk. 
Nico Rosberg harus berjuang mengambil kembali posisi di depan, melewati semua pembalap lain. Karena terlalu agresif, dia hampir membahayakan Kimi Raikkonen dengan menyalibnya di tikungan dari sisi dalam, hingga kedua mobil bersenggolan, namun beruntungnya tidak sampai menghentikan kedua pembalap dari race ini.
GP Sepang Malaysia ini memang seperti musibah bagi Tim Mercedes-Petronas, karena kedua pembalapnya mendapat masalah. Nico Rosberg sebenarnya melakukan hal yang luar biasa dengan berhasil meraih podium ketiga setelah berada di posisi buncit pada awal balapan.
Rosberg berhasil meraih point untuk melebarkan jarak dengan Hamilton. Total point Rosberg adalah 288, unggul 23 point dari Hamilton yang tidak mendapatkan point pada GP Malaysia ini, hingga tetap memiliki 265 point.

Detail Balapan

Start Hamilton cukup baik, dia langsung memimpin balapan. Tikungan pertama menjadi bencana bagi Rosberg karena ulah Sebastian Vettel yang menerobos kerumunan dari sisi dalam hingga berada di area blind-spot Nico Rosberg dan baank.. ban depan Vettel lumpuh dihantam ban belakang Rosberg. Mobil Rosberg melintir sampai mengeluarkan asap.  
Untungnya Rosberg masih bisa melanjutkan balapan walau tercecer di posisi buncit. Max Verstappen yang melihat aksi Vettel ikut mengupat melalui radio komunikasi, “Dia menabrakkan mobilnya ke Rosberg seperti orang idiot” ungkap Verstappen.
Hamilton memimpin balapan hingga lap ke-21, posisi terdepan diambil oleh Max Verstappen memamfaatkan Hamilton yang masuk pit untuk mengganti ban. Verstappen berhasil unggul 8 detik di depan Hamilton.
Pada lap ke-27, Hamilton berhasil mengambil kembali posisi terdepan dari Verstappen. Ricciardo juga berhasil menyalib Verstappen hingga berada di posisi kedua.
Pada lap ke-34, Rosberg telah berhasil berada di posisi ke-5 di belakang Raikkonen. Rosberg mendahului Raikkonen pada lap ke-38 dengan agresif hingga mobilnya bersenggolan.
Verstappen berhasil merebut posisi kedua dari Ricciardo, namun kemudian pada lap ke-39 terjadi duel sengit wheel-to-whell antara kedua pembalap Red Bulls tersebut yang akhirnya dimenangkan oleh Daniel Ricciardo.
Bencana bagi Lewis Hamilton terjadi pada lap ke-41. Mobilnya berasap dan menyemburkan api hingga kehilangan power. Hamilton sangat kesal dan keluar dari mobilnya dengan lesu, dan sempat terduduk di tepi sirkuit sebelum kembali ke pit.
Dengan kejadian tersebut, pimpinan race diambil alih oleh Ricciardo, diikuti Verstappen, Nico Rosberg dan Raikkonen. 
Lap ke-43 otoritas F1 mengumumkan penalti 6 detik bagi Nico Rosberg yang menyenggol Raikkonen pada lap ke-38.  
Hingga akhir balapan, posisi pembalap tidak berubah. Daniel Ricciardo memenangkan F1 GP Sepang, Malaysia 2016. Ini adalah kemenangan pertamanya di ajang F1 musim ini, dan mengulang podium pertama yang pernah dia raih 2 tahun yang lalu di GP Belgia 2014.
Saat interview setelah balapan, Sebastian Vettel mengakui kesalahannya dan menyampaikan permohonan maafnya pada Nico Rosberg. 
Ricciardo sangat menikmati podium ini, walau sempat mengucapkan bela sungkawa atas ketidak beruntungan Hamilton. Dia merayakan dengan selebrasi khasnya, yaitu meminum wine dari sepatunya. Ricciardo juga memberi wine dari sepatunya untuk Verstappen dan Rosberg.
Berikut hasil akhir GP Malaysia 2016:

 Klasemen sementara setelah GP Malaysia dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *