Hasil F1 GP Australia 2017, Awal Musim yang Bagus untuk Sebastian Vettel dan Ferrari

CaruserMagz.com – Balapan Formula-1 (F1) 2017 telah dibuka dengan digelarnya F1 GP Australia pada Minggu, 26 Maret 2017. Balapan jet darat paling bergengsi ini diprediksi akan memberikan tontonan yang lebih menarik, karena lebih dinamis tanpa Nico Rosberg di Mercedes-AMG. Di musim 2016 yang lalu, berkumpulnya Hamilton dan Rosberg di Mercedes membuat balapan dinilai monoton.

 

Ferrari mengawali musim 2017 dengan manis berkat kemenangan pada seri pertama F1 GP Melbourne ini. Dua musim tanpa kemenangan dan melorot ke posisi team konstruktor ketiga setelah Mercedes-AMG dan Red Bulls, Ferrari mendapatkan kembali harapan akan kemenangan mereka. Mungkin ada kontribusi aturan baru yang mengharuskan roda lebih lebar dan paket aerodinamik yang lebih agresif pada kemenangan Vettel ini.

 

Strategi pit Ferrari dinilai sebagai faktor terpenting bagi kemenangan Vettel, walau pada awalnya Lewis Hamilton yang memimpin balapan. Jika saja Hamilton bisa lebih konsisten di depan, ini akan menjadi pengulangan seri Australia musim 2016 yang lalu, dimana dia menjuarainya. Sial bagi Hamilton, dia harus berhadapan dengan masalah ban, mesin dan pengendalian mobilnya pada seri pembuka F1 2017 ini.

 

Detail Balapan

 

Terjadi insiden tabrakan antara Kevin Magnussen dan Marcus Ericsson, dimana Magnussen menabrak Ericsson saat berusaha mendahului pembalap lain. Kedua mobil pembalap tersebut mengalami banyak kerusakan hingga keduanya tidak dapat melanjutkan balapan. Pembalap lain yang tersingkir di tengah balapan adalah Romain Grosjean, karena mengalami masalah pada mesin dan Joylon Palmer yang terpaksa memarkir mobilnya karena kegagalan rem.

 

Awalnya Hamilton terlihat nyaman di depan dan makin menjauh dari pembalap lain. Namun itu hanya berlangsung pada batch pertama sebelum pit stop, Vettel secara perlahan mengejar pembalap Mercedes tersebut. Hamilton mengambil pit stop lebih awal, karena ban mobilnya ternyata terdegradasi lebih cepat. Vettel kemudian mengambil alih pimpinan balapan dan tim mengambil risiko untuk sedikit menunda pit stop Vettel.

 

Pembalap yang juga menunda pit stop adalah Max Verstappen dan Valtteri Bottas. Namun Bottas terlempar ke posisi kelima setela pit stop. Setelah mulai merasakan ban yang terdegradasi, Sebastian Vettel melakukan pit stop dalam posisi cukup jauh di depan Verstappen dan Hamilton. Sehingga masih bisa berada di depan kedua pembalap tersebut saat keluar dari pit. Sial bagi Daniel Ricciardo, dia harus menghadapai masalah kegagalan mesin.

 

Agak ke belakang, Sergio Perez melakukan over take yang cukup berani dalam balapan ini. Pembalap asal Meksiko tersebut menyalib Daniil Kvyat pada putaran pembukaan. Perez kemudian melakukannya lagi saat mendahului Carlos Sainz Jr dari Toro Rosso.

 

Aksi salib menyalip yang cukup seru juga terjadi antara Fernando Alonso, Nico Hulkenberg dan Esteban Ocon saat ketiganya mendahului Hulkenberg dan Alonso yang akhirnya termasuk pembalap yang tidak berhasil menyelesaikan balapan.

 

Hamilton mengeluhkan pengendalian mobilnya dan masalah mesin. Sementara Vettel makin tak terkejar oleh Hamilton. Valtteri Bottas terlihat mengejar Hamilton, tapi hingga akhir balapan tidak berhasil menyusul. Ada pertarungan singkat untuk posisi keempat antara Max Verstappen yang memberi tekanan pada Kimi Raikkonen. Rookie Lance keluar lintasan karena masalah pada rem dan selanjutnya harus masuk daftar pembalap yang gagal finish.

 

Vettel menyelesaikan balapan 9,9 detik di depan Lewis Hamilton. Sementara Bottas berhasil mendapatkan podium ketiga dengan margin 2,5 detik di belakang Hamilton. Raikkonen berhasil mempertahankan tempat keempat dari kejaran Max Verstappen, yang harus puas finish kelima. Pada posisi keenam ada Felipe Massa. Posisi ketujuh menjadi milik Sergio Perez, kedelapan untuk Carlos Sainz Jr. Selanjutnya diisi oleh Daniil Kvyat dan Esteban Ocon yang berhasil mendapatkan poin pada GP Australia 2017 ini.

 

Valtteri Bottas membuktikan bahwa Mercedes-AMG tidak salah membuat keputusan memilihnya sebagai pengganti Nico Rosberg. Dia melanjutkan tradisi podium Mercedes-AMG yang dominan. Meskipun Vettel memenangkan GP Australia ini, dominasi Mercedes-AMG masih terlihat jelas. Namun mungkin juga karena aturan baru yang merubah desain mobil balap, menyebabkan team konstruktor lainnya belum mendapatkan setting terbaik. Balapan masih panjang, kita nantikan saja kejutan-kejutan dari team kuat lainnya seperti Red Bulls.

 

Hasil Lengkap Balapan F1 GP Australia 2017:

1. Sebastian Vettel (Jerman) Ferrari 1:24:11.670
2. Lewis Hamilton (Inggris Raya) Mercedes +00:09.975
3. Valtteri Bottas (Finlandia) Mercedes 00:11.250
4. Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari 00:22.393
5. Max Verstappen (Belanda) Red Bull-TAG Heuer 00:28.827
6. Felipe Massa (Brazil) Williams-Mercedes 01:23.386
7. Sergio Perez (Meksiko) Force India-Mercedes 1 lap
8. Carlos Sainz Jr (Spanyol) Toro Rosso-Renault 1 lap
9. Daniil Kvyat (Rusia) Toro Rosso-Renault 1 lap
10. Esteban Ocon (Prancis) Force India-Mercedes 1 lap
11. Nico Huelkenberg (Jerman) Renault 1 lap
12. Antonio Giovinazzi (Italia) Sauber-Ferrari 2 laps
13. Stoffel Vandoorne (Belgia) McLaren 2 laps
14NF. Fernando Alonso (Spanyol) McLaren 6 laps
NF. Kevin Magnussen (Denmark) Haas-Ferrari 10 laps
NF. Lance Stroll (Kanada) Williams-Mercedes 16 laps
NF. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull-TAG Heuer 31 laps
NF. Marcus Ericsson (Swedia) Sauber-Ferrari 36 laps
NF. Jolyon Palmer (Inggris) Renault 41 laps
NF. Romain Grosjean (Prancis) Haas-Ferrari 44 laps

 

Salam AutoSport!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *