Hasil Balapan Formula-1 GP Belgia 2016, Nico Rosberg Juara, Hamilton Luar Biasa

 

CaruserMagz.com – Setelah lama puasa podium pertama, Nico Rosberg akhirnya berhasil menjuarai F1 GP Belgia yang digelar di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia pada Minggu 28 Agustus 2016. Sedangkan rekan setimnya, Lewis Hamilton harus puas finish di posisi ke-tiga, di belakang Daniel Ricciardo dari tim RedBull.
Podium Race F1 GP Belgia 2016
Rosberg memulai balapan di pole position berkat kerjakerasnya pada sesi kualifikasi. Rosberg berhasil mencacatkan waktu 1 menit 46,744 detik pada qualifikasi tersebut. Posisi kedua start didapatkan Max Verstappen yang tertinggal tipis dengan waktu 1 menit 46, 893 detik. Di posisi start ketiga dan keempat diisi oleh dua pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen dengan catatan waktu 1 menit 46,910 detik dan Sebastian Vettel dengan 1 menit 47,108 detik.
Kesalahan keputusan menggunakan mesin baru pada sesi qualifikasi memberikan musibah besar pada pemimpin klasemen, Lewis Hamilton. Otoritas F1 menghukum Hamilton dengan start di barisan belakang.
Dengan kemenangan di GP Belgia 2016 ini, Nico Rosberg berhasil menipiskan selisih point di klasemen dari rekan setimnya. Selain itu, ini juga pencapaian baru pembalap Jerman tersebut, karena merupakan kemenangan pertamanya di Belgia sepanjang karirnya di F1. Sedangkan Hamilton, dengan berhasil naik podium ketiga, dia masih belum tergeser dari puncak klasemen, unggul 9 point dari Rosberg.
Nico Rosberg begitu superior di GP Belgia ini, sejak awal dia start di posisi terdepan dan tak terkalahkan melahap 44 lap, terus memimpin balapan. Sementara Hamilton sebenarnya melakukan hal yang luar biasa, walau start di baris belakang, dia tetap berhasil naik podium. Hal tersebut menunjukkan superiornya kualitas pembalap Mercedes yang merupakan juara bertahan tersebut. Seandainya Hamilton tidak berhasil naik podium, puncak klasemen dapat kembali ke tangan Rosberg.
Banyak Insiden
Sirkuit Spa-Francorchamps tergolong sirkuit yang cepat, sehingga para pembalap dapat menggeber jet daratnya dengan kecepatan tinggi. Sebagai konsekuensi dari sirkuit yang cepat, jika terjadi insiden tabrakan kerusakan mobil balap cukup signifikan karena melibatkan kecepatan tinggi.
Tak lama setelah start, insiden yang melibatkan banyak pembalap terjadi di tikungan pertama. Mobil Kimi Raikkonen, Sebastian Vetel dan Max Verstappen bersenggolan yang mengakibatkan mobil Vetel melintir dan Raikkonen dan Verstappen mengalami kerusakan pada sayap depan.
Disaat yang sama, Jenson Button dan Pascal Wehrlein juga mengalami insiden, keduanya masuk pit untuk memperbaiki kerusakan, namun pada akhirnya kedua pembalap tersebut tidak dapat melanjutkan balapan.
Pada lap kelima, Kevin Magnussen kehilangan kendali setelah melintasi tikungan dan menabrak pembatas berupa tumpukan ban dengan kecepatan tinggi. Mobilnya hampir hancur, namun Magnussen selamat dan mampu keluar dari mobilnya. Kecelakaan Magnussen ini mengakibatkan balapan dihentikan sementara. Setelah pembatas yang rusak diperbaiki, rice dimulai kembali.
Rosberg sudah tidak terkejar berada di depan beberapa saat setelah restart. Hal yang menarik disaksikan adalah perjuangan Hamilton melewati banyak pembalap lain dan akhirnya berhasil mendapatkan podium ketiga.
Pengganti Rio Haryanto
GP Belgia 2016 ini adalah race pertama tanpa Rio Haryanto setelah Manor Racing memutuskan tidak melanjutkan kontrak Rio sebagai pembalap utama yang berbayar. Posisi Rio digantikan oleh Esteban Ocon, pembalap muda berusia 19 tahun asal Prancis.
Debut pertama Esteban Ocon di F1 GP Belgia ini, menunjukkan performa yang menjanjikan bagi Manor Racing Team. Dia berhasil finish di urutan ke-16, berbeda dari Rio Haryanto yang tidak berhasil menyelesaikan balapan pada debut pertamanya di GP Australia.
Sementara pembalap utama Manor, Pascal Wehrlein mengalami nasib sial di GP Belgia ini, dia tidak berhasil menyelesaikan seluruh lap bersama 5 pembalap lainnya.
Berikut hasil lengkap balapan F1 GP Belgia 2016:
No Nama Tim Waktu
1 Nico Rosberg Mercedes 44:51.1
2 Daniel Ricciardo Red Bull Racing TAG Heuer +14.113s
3 Lewis Hamilton Mercedes +27.634s
4 Nico Hulkenberg Force India Mercedes +35.907s
5 Sergio Perez Force India Mercedes +40.660s
6 Sebastian Vettel Ferrari +45.394s
7 Fernando Alonso McLaren Honda +59.445s
8 Valtteri Bottas Williams Mercedes +60.151s
9 Kimi Räikkönen Ferrari +61.109s
10 Felipe Massa Williams Mercedes +65.873s
11 Max Verstappen Red Bull Racing TAG Heuer +71.138s
12 Esteban Gutierrez Haas Ferrari +73.877s
13 Romain Grosjean Haas Ferrari +76.474s
14 Daniil Kvyat Toro Rosso Ferrari +87.097s
15 Jolyon Palmer Renault +93.165s
16 Esteban Ocon MRT Mercedes +1 lap
17 Felipe Nasr Sauber Ferrari +1 lap
NC Kevin Magnussen Renault DNF
NC Marcus Ericsson Sauber Ferrari DNF
NC Carlos Sainz Toro Rosso Ferrari DNF
NC Jenson Button McLaren Honda DNF
NC Pascal Wehrlein MRT Mercedes DNF
Klasemen sementara setelah GP Belgia 2016 adalah sebagai berikut:
No Nama Tim Score
1 Lewis Hamilton  Mercedes AMG Petronas 232
2 Nico Rosberg Mercedes AMG Petronas 223
3 Daniel Ricciardo  Red Bull Racing TAG Heuer 151
4 Sebastian Vettel   Ferrari 128
5 Kimi Raikkonen Ferrari 124
6 Max Verstappen Red Bull Racing TAG Heuer 115
7 Valtteri Bottas Williams Mercedes 62
8 Sergio Perez Force India Mercedes 58
9 Nico Hulkenberg Force India Mercedes 45
10 Felipe Massa Williams Mercedes 39
11 Carlos Sainz Toro Rosso Ferrari 30
12 Daniil Kvyat Toro Rosso Ferrari 29
13 Romain Grosjean Haas Ferrari 28
14 Fernando Alonso McLaren Honda 24
15 Jenson Button McLaren Honda 17
16 Kevin Magnussen Renault 6
17 Pascal Wehrlein MRT Mercedes 1
18 Stoffel Vandoorne McLaren Honda 1

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *