Hasil Balapan F1 GP Bahrain 2017, Vettel Rebut Kembali Puncak Klasemen dari Hamilton

CaruserMagz.com – Sebastian Vettel seperti kembali ke karakter juaranya setelah balapan F1 tidak lagi didominasi team Mercedes-AMG sejak ditinggal Nico Rosberg yang pensiun dini. Banyak yang mengira Red Bulls akan menguasai arena sepeninggal Rosberg, tapi ternyata 3 balapan F1 2017 ini menjadi pertarungan antara Scuderia-Ferrari dan Mercedes-AMG.

 
Sebastian Vettel kembali berada di puncak klasemen setelah memenangkan balapan GP Bahrain pada Minggu, 16 April 2017. Pembalap Italia itu dapat dibilang mendapat keberuntungan karena kesalahan fatal yang dilakukan Lewis Hamilton.

 
Pada paruh pertama balapan banyak pembalap yang harus terlibat dalam insiden, hingga beberapa diantaranya tidak dapat melanjutkan balapan. Bahkan kesialan yang dialami Stoffel Vandoorne sangat membuat fansnya kecewa, karena dia tidak dapat memulai balapan karena masalah dengan mobil McLaren-nya, Vandoorne harus mundur sebelum mobilnya sampai ke garis grid start.

 
Beberapa pembalap gagal melanjutkan balapan sebelum gelombang pitstops pertama. Kevin Magnussen mengalami masalah kelistrikan di mobil Haas-nya pada lap-9. Kemudian, pada lap-10, Max Verstappen mendapatkan masalah sistem rem, yang mengakibatkan mobilnya menghantap dinding pembatas sirkuit,  dia tidak mengalami cidera tapi tidak dapat melanjutkan balapan. Dua lap kemudian, Carlos Sainz Jr. dan Lance Stroll bertabrakan karena Sainz Jr. menusuk ke sisi dalam pembalap Williams tersebut. insiden itu memaksa safety car keluar.

 
Ferrari melakukan strategi undercut untuk Vettel, yang memungkinkan dia mengambil posisi terdepan saat pembalap lain mengambil pit-stop selama periode safety car. Strategi tersebut membuat Bottas tergeser ke posisi kedua dan Hamilton di posisi keempat, tepat di belakang Daniel Ricciardo. Ketika balapan kembali normal, Ricciardo berjuang dengan ban dingin yang cepat mengalami degradasi.

 
Vettel dan Bottas terlibat pertarungan sengit, Vettel hampir saja keluar dari jalurnya yang memberi peluang bagi Bottas untuk melakukan take-over, tetapi ternyata Vettel mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin balapan.

 
Lewis Hamilton kembali berulah dengan permainannya, dia seperti sengaja mengemudi terlalu lambat di pintu masuk pitlane, sehingga menahan Ricciardo selama gelombang pergantian ban. Untuk aksinya tersebut, Hamilton diganjar hukuman lima detik.

 
Di barisan tengah, Sergio Perez yang cukup beruntung, pembalap Meksiko itu mulai dari posisi grid belakang, tapi berhasil finish sebagai salah satu dari top-ten. Pembalap Renault, Nico Hulkenberg juga mendapat point berharga, karena finish dalam sepuluh besar. Sementara itu, Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon bersaing untuk tempat kesepuluh.

 
Menjelang akhir lomba, Mercedes-AMG melakukan gambling dengan membiarkan Hamilton pit di lap-40 untuk melakukan prosesi hukuman 5-detiknya. Pada saat itu, Vettel memimpin balapan dengan gap yang besar.

 
Hamilton berusaha mengejar Vettel dengan bannya yang masih segar, ia dengan cepat menyalip Bottas untuk posisi kedua dan terus berusaha mengecilkan margin dengan Vettel. Sayangnya itu tidak cukup bagi Hamilton dan Vettel mendapatkan kemenangan 6,66 detik di depan. Sementara itu Bottas di urutan ketiga dengan Raikkonen hanya dua detik di belakang. Walau mobilnya bermasalah, Ricciardo berhasil finish di posisi kelima.

 

Dalam sepuluh besar adalah Massa di urutan keenam, Perez di posisi ketujuh, Grosjean kedelapan dan kesembilan Hulkenburg. Ocon kembali mencetak 1 point dengan berhasil melewati Wehrlein untuk melengkapi sepuluh besar.

 
Berikut hasil lengkap balapan Formula-1 GP Bahrain 2017:
1. Sebastian Vettel GER Ferrari – Ferrari 57 laps
2. Lewis Hamilton GBR Mercedes – Mercedes +6.660ss
3. Valtteri Bottas FIN Mercedes – Mercedes +20.397s
4. Kimi Raikkonen FIN Ferrari – Ferrari +22.475s
5. Daniel Ricciardo AUS Red Bull – TAG +39.346s
6. Felipe Massa BRA Williams – Mercedes +54.326s
7. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1m 02.606s
8. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1m 14.865s
9. Nico Hulkenberg GER Renault – Renault +1m 20.188s
10. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +1m 22.252s
11. Pascal Wehrlein GER Sauber – Ferrari +1 lap
12. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault +1 lap
13. Jolyon Palmer GBR Renault – Renault +1 lap
14. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +3 laps

 
Gagal finish:
15. Marcus Ericsson SWE Sauber – Ferrari 50 laps completed
16. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault 12 laps completed
17. Lance Stroll CAN Williams – Mercedes 12 laps completed
18. Max Verstappen NED Red Bull – TAG 11 laps completed
19. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari 8 laps completed
20. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda 0 laps completed

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *