Harga Resmi Datsun Regi-Go di India Bocor, ini kemungkinan Harganya jika Masuk ke Indonesia

CaruserMagz.com – Informasi harga resmi Datsun Redi-Go bocor ke publik sebelum peluncuran resmi yang direncanakan pada Tanggal 7 Juni 2016, Selasa mendatang. Kebocoran informasi ini sepertinya terjadi karena kelalaian admin website Datsun India,  hanya beberapa jam pengumuman itu tampil, kemudian menghilang dari website tersebut. Beruntungnya ada orang yang men-screenshot pengumuman tersebut kurang-lebih seperti pada gambar di atas.
Harga Datsun Redi-Go yang diumumkan tersebut adalah sebesar INR 2,395 Lakh, atau jika dirupiahkan, sebesar 48,3 Juta Rupiah. Ternyata lebih murah dari perkiraan media-media otomotif India sebelumnya yang memperkirakan harga Datsun Redi-Go ini akan sebesar INR 2,5 Lakh, atau sekitar 50 Juta Rupiah.
Harga yang cukup murah untuk ukuran mobil, namun jangan senang dulu, karena itu harga di India yang biaya produksi mobil dan pajaknya tidak sebesar di Negara kita. Jika merunut sejarah perbedaan harga antara Datsun Go+ Panca India dan Indonesia, selisihnya sekitar 30% lebih tinggi di Negara kita. Sehingga jika dijual di Indonesia kemungkinan Harga Datsun Redi-Go ini adalah sekitar 63 Juta Rupiah.
Masih cukup murah bukan? yaah.. mobil LCGC dengan fitur dan kualitas seadanya lah, wajar harganya segitu, yang penting bisa memuat 4 hingga 5 orang penumpang dan tidak kehujanan atau kepanasan.
Jika benar harganya seperti bocoran informasi tersebut, maka Datsun Redi-Go akan menjadi hatchback termurah di India, mengalahkan semua mobil pada segmen yang sama, termasuk saudara segroupnya Renault Kwid.
Datsun Redi-Go ini diklaim sangat hemat bahan bakar, yaitu hingga 25,17 km/liter dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 15,9 detik. Performa tersebut dihasilkan dari mesin kecil 800cc bertenaga 54HP pada 5678rpm dan torsi 72 Nm pada 4388rpm.
Jika masuk ke Indonesia mobil ini berpotensi membuat kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung makin macet. Karena harganya akan terjangkau oleh pengguna sepeda motor. Tapi kemungkinan mobil ini dijual di Indonesia sangat kecil, karena ada pernyataan dari Kepala Pemasaran Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, yang mengatakan bahwa Datsun Redi-Go belum cocok untuk konsumen otomotif Indonesia. Berikut perNyataannya:
Untuk saat ini kita tidak ada intensi untuk membawa Redi-Go untuk Indonesia.” ujar Indriani. “Semua harus melalui tahap penjajakan terhadap pasar,” tambahnya.
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *