Harga Honda CR-V Turbo Capai Rp.506 Juta, Sudah Bisa Beli Pajero Sport Dakar atau Fortuner

CaruserMagz.com – Honda CR-V generasi ke-lima baru saja diluncurkan di ajang IIMS 2017 dengan rentang harga dari 432 hingga 506 Juta Rupiah. Itu adalah rentang harga Medium SUV yang sekarang dipimpin oleh Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner sebagai runner up.

 
Kehadiran Honda CR-V 2017 ini menambah daftar pilihan bagi peminat SUV 7-seater di Indonesia. Sehingga jika dikumpulkan, tidak kurang dari 7 pilihan SUV berkapasitas 7 penumpang dengan harga 400 – 500 jutaan rupiah yang bertarung di pasar otomotif tanah air. Saingan CR-V baru ini antara lain: Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe, KIA Sorento, Chevrolet Trailblazer dan lainnya.

 
Berikut daftar harga resmi Honda CR-V 2017 untuk OTR wilayah DKI Jakarta:
CR-V 2.0L : Rp 432 juta
CR-V 1.5L Turbo : Rp 466 juta
CR-V 1.5L Turbo Prestige : Rp 506 juta

 
Dari daftar harga tersebut, jika dibandingkan dengan Pajero Sport, CRV Turbo akan bersaing ketat dengan Pajero Sport Exceed yang berharga lebih murah, yaitu 458 juta rupiah saja. Sedangkan CRV Turbo Prestige hanya lebih mahal 1 juta rupiah dari Pajero Sport Dakar 4×2 yang berharga 505 juta rupiah. Namun dapat dikatakan harga tersebut sama, apalah arti uang sejuta bagi pembeli mobil mewah seperti ini.

 
Jadi, bagi calon pembeli mobil SUV besar ini, akan cukup bimbang mana yang akan dipilih, karena baik Mitsubishi Pajero Sport maupun Honda CR-V mempunyai brand image yang bagus. Kedua SUV ini juga punya tongkrongan yang sangat menarik. Lalu apa yang membuat SUV Honda terbaru ini percaya diri menantang kedigdayaan SUV ladder frame yang sudah jadi SUV sejuta umat seperti Pajero Sport dan Fortuner?

 
Baca juga: Pilihan SUV 7-Seater di Indonesia

 
Salah satu andalan Honda CR-V 2017 ini adalah fitur, seperti panaromic sun roof yang artinya lebih luas dari sun roof milik Pajero sport. Lampu-lampu yang semuanya sudah kekinian dengan projector, LED+DRL, cruise control, VSA, HSA, Brake overdrive system, dan lain sebagainya. Namun sebagian besar fitur CR-V 2017 ini juga ada pada Pajero Sport Dakar.

 
Selain itu, hal yang menjanjikan adalah kehematan konsumsi bbm berkat mesin yang hanya 1500cc, namun cukup bertenaga karena berteknologi turbo. Dalam hal tarikan tenaga dan torsi memang sulit bagi CR-V turbo ini untuk mengalahkan Pajero Sport Dakar, namun masalah konsumsi bbm, tentu CR-V akan lebih unggul.

 
Kelebihan lain yang akan didapatkan pemilik CR-V 2017 ini adalah kualitas interior yang premium dan design yang modern. Dashboard CR-V baru ini terlihat lebih stylist dibanding Pajero Sport yang bernuansa plastik dan bentuk yang biasa-biasa saja, apalagi jika dibandingkan audio head unitnya, floating touch screen HU pada CR-V terlihat lebih mewah dari HU Pajero Sport dakar yang terlihat seperti barang after market.

 
Dalam hal kelapangan kabin, CR-V masih belum mampu mengungguli Pajero Sport dan Fortuner. Namun dalam hal kenyamanan, kami rasa premium interior CR-V lebih menarik dan tentunya dalam hal suspensi, Honda CR-V adalah rajanya, karena lebih baik dari Pajero Sport maupun Fortuner.

 
Kenyamanan bernuansa sedan cukup kental di dalam CRV, pesaing ketat dalam hal kenyamanan interior bukanlah SUV ladder frame, tapi lebih cocok bersaing dengan Hyundai Santa Fe yang juka menggunakan frame monokok.

 
Bagi pecinta offroad dan kenikmatan mengemudi dengan tenaga dan torsi yang besar, tentu Pajero Sport Dakar akan tetap menjadi pilihan, karena Honda CR-V lebih diutamakan untuk kenyamanan dan impresi kemewahan di kabinnya. Walau CR-V adalah SUV, namun dia tetap lebih layak menjadi kendaraan perkotaan.

 
Dari segi harga, CR-V 2017 sudah sudah bersaing ketat dengan Pajero Sport dan Fortuner. Jadi sebenarnya tergantung preferensi masing-masing calon pembeli, apakah lebih mengutamakan kemewahan dan efisiensi bbm mobil Honda, atau garangnya tenaga dan daya jelajah Mitsubishi Pajero Sport.

 
Pilihan juga tergantung seberapa besar brand image dari kedua mobil ini merasuki selera konsumen, karena 3 SUV tersebut sudah sangat terkenal dan memberi prestise yang besar bagi masyarakat Indonesia.

 
Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *