Fitur Rem Mitsubishi Xpander Terlengkap di Kelasnya dengan ABS, EBD, BA dan HSA

CaruserMagz.com – Pengembangan teknologi pengereman merupakan salah satu fokus industri otomotif, karena ini menyangkut keselamatan. Maka tak heran, fitur pengereman menjadi salah satu andalan dalam persaingan di pasar otomotif.

 

Mobil-mobil terbaru dilengkapi teknologi rem yang kian canggih. Jika dulu fitur-fitur seperti ABS, EBD dan BA hanya ada pada mobil-mobil mewah keluaran brand Eropa, maka kini sudah ada di mobil sejuta umat seperti Mitsubishi Xpander yang berharga Rp. 200 jutaan saja.

 

Dibanding para kompetitornya yang ada sekarang, Mitsubishi punya fitur pengereman terlengkap dan tercanggih. Dengan harga Rp. 250 jutaan untuk varian Ultimate sebagai tipe tertinggi, maka value for money MPV ini tergolong tinggi jika dilihat dari fiturnya.

 

Apa saja fitur pengereman Mitsubishi Xpander? Ada 4 fitur rem terkini, khususnya pada varian Ultimate sebagai tipe termewah, yaitu ABS, EBD, BA dan HSA. Semua tipe Xpander sudah dilengkapi fitur ABS dan EBD, sedangkan fitur BA dan HSA hanya ada pada tipe Sport dan Ultimate. Berikut penjelasan detailnya.

 

1. Antilock Braking System (ABS)

 

ABS adalah fitur anti terkuncinya rem saat pengereman mendadak, sehingga roda depan tidak terkunci dan masih bisa dikendalikan. Pada mobil tanpa ABS, saat rem ditekan dengan keras, roda akan terkunci, hingga tidak bisa dibelokkan, sehingga sulit menghindari objek di depan. Dengan ABS, pengemudi masih punya kesempatan untuk menghindari objek di depan mobil karena mobil masih bisa dibelokkan kekiri atau kekanan.

 

Fitur ABS sudah ada pada low MPV lainnya, pertama kali ada pada Suzuki Ertiga. Kini hampir semua mobil terbaru memiliki fitur ini, minimal pada varian tertinggi. Bahkan pada mobil LCGC seperti Toyota Agya.

 

2. Electronic Brake Distribution (EBD)

 

EBD adalah fitur untuk mendistribusikan tekanan rem secara elektronik pada masing-masing ban sesuai kebutuhan hingga diperoleh pengereman yang efektif. Fitur ini menyeimbangkan pengereman sesuai beban dan kecepatan masing-masing roda. EBD biasanya dikombinasikan dengan ABS dan bekerja secara terintegrasi.

 

3. Brake Assistance (BA)

 

BA berfungsi membantu pengereman agar lebih efektif, dengan menambah tekanan rem jika pengemudi kurang dalam menekan pedal rem saat pengereman mendadak dan tiba-tiba (panic brake), sehingga mobil lebih efektif dan jarak berhenti lebih pendek.

 

Lebih jelas pengenai ketiga fitur rem di atas, bisa sobat baca disini: Pengertian Rem ABS, EBD, BA.

 

4. Hill Start Assist Control (HSA)

 

HSA berfungsi mencegah mobil mundur saat mobil harus berhenti di tanjakan. Fitur ini juga sering disebut HAC. Cara kerjanya adalah rem tetap berfungsi saat pengemudi melepas pedal rem sampai pengemudi mulai menekan pedal gas, sehingga tidak perlu khawatir mobil akan mundur jika berhenti di tanjakan. Lebih jelas dapat sobat baca pada artikel kami sebelumnya: Memahami Fitur Rem HSA.

 

Fitur Rem Kompetitor Xpander

Fitur pengereman low MPV saingan, tidak selengkap Xpander. Berikut detailnya:
Toyota Avanza : Hanya Fitur ABS pada semua tipe, tanpa EBD, BA dan HSA.
Honda Mobilio : Fitur ABS+EBD pada semua tipe, Fitur HSA hanya pada tipe RS.
Suzuki Ertiga : Fitur ABS+EBD, pada tipe GX dan Dreza, tidak ada BA dan HSA.
Nissan Grand Livina : ABS+EBD+BA pada tipe XV, Highway dan X-Gear. Tidak ada HSA.
Chevrolet Spin : Fitur ABS+EBD pada tipe LTZ saja (tertinggi), tidak ada BA dan HSA.

Hampir semua kompetitor Xpander tidak ada yang memiliki fitur HSA, kecuali Mobilio RS. Fitur tersebut baru ada pada mobil pada segmen yang lebih tinggi seperti Honda HR-V, CR-V Toyota Sienta dan lainnya.

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *