Fitur Day Night View Mirror Pada KIA All New Picanto Tambah Kenyamanan Berkendara

CaruserMagz.com – Small hatchback imut asal pabrikan Korea Selatan, KIA All New Picanto ternyata punya banyak fitur-fitur unik. Reviewer professional menyebut mobil ini punya fasilitas unik yang brilian. Salah satunya adalah kaca spion di dalam kabin depan, yang berfungsi day night view mirror.

 

Fitur unik lainnya, seperti laci rahasia di bawah kursi penumpang depan, cup-holder yang bisa disembunyikan saat tidak diperlukan, lampu pada bagasi dan lain sebagainya.

 

Fitur day-and-night view mirror ini dulunya hanya ada pada mobil-mobil mewah. Ini adalah fungsi yang sebenarnya simple namun sangat bermamfaat bagi pengemudi dan penumpang, khususnya saat berkendara di malam hari di jalanan yang ramai oleh kendaraan seperti perkotaan.

 

Mungkin cukup banyak pemilik atau pengguna KIA All New Picanto yang tidak menyadari fitur brilian ini ada pada mobilnya, karena memang kaca spion di dalam kabin jarang diperhatikan setelah disetting sesuai dengan sudut pandang mata pengemudi.

 

Jika sobat pemilik KIA All New Picanto cukup jeli dan sering memperhatikan fungsi setiap bagian dari mobilnya, akan menyadari fitur penting ini ternyata ada pada mobil kesayangan yang banyak dipandang sebelah mata oleh pemilik mobil brand mainstream, karena label mobil Korea-nya.

 

Day-and-Night View Mirror adalah kaca spion dalam yang punya dua fungsi, yaitu untuk menampilkan refleksi pemandangan belakang mobil secara real dan secara tidak real atau pantulan sudut pandang.

 

Jika posisi kaca menampilan view belakang mobil secara langsung, maka cahaya dari lampu mobil di belakang akan langsung dipantulkan dan membuat silau pengemudi. Namun jika fungsi night-view diaktifkan, maka gambar yang ditampilkan adalah tidak langsung, sehingga cahaya dari belakang menjadi sangat redup, bentuk lampu kendaraan di belakang terlihat jelas, namun cahayanya tidak menyilaukan.

 

Bagaimana mengaktifkan Night View Mirror pada All New Picanto?

 

Pada bagian bawah kaca spion di dalam kabin ada tuas kecil, aturlah posisi tuas pada posisi ditarik kedepan. Kemudian setting kaca tersebut untuk menampilkan view belakang mobil sesuai kebutuhan sobat.

 

Saat berkendara di malam hari, dorong tuas tersebut kedepan, maka fungsi Night-View-Mirror akan aktif. Penampakan belakang mobil tetap bisa dilihat dengan tidak senyata Day-View, cahaya dari lampu-lampu kendaraan di belakang mobil akan direduksi secara drastic sehingga hanya terlihat bentuk lampunya saja yang bersinar tidak menyilaukan.

 

Fungsi lain dari kaca spion cerdas ini!

 

Ini bukanlah fungsi elektronik, hanya teknologi kaca  melalui pemantulan sudut pandang. Jadi fungsi ini bisa aktif baik siang maupun malam hari. Bagi sobat yang membawa anak-anak di kursi baris kedua, bisa mengawasi aktifitas anak-anak melalui kaca spion ini, dengan mengatifkan night-view.

 

Dengan posisi kaca mengarah ke kursi kabin belakang, tampilan di belakang mobil tetap bisa terlihat karena fungsi pantulan sudut pandang. Jadi tergantung mata sobat mau berfokus pada tampilan langsung, atau tampilan night-view.

 

Sebagaimana sobat pemilik New Picanto ketahui, citycar ini tidak dilengkapi kaca pada sunvisor untuk sekedar membenahi bedak atau merapikan tampilan rambut sebelum keluar dari mobil. Naah.. dengan mendorong tuas pada bagian bawah kaca spion dalam tersebut, bisa juga difungsikan buat ngaca layaknya kaca pada sunvisor.

 

 

Nah.. sudah tahukan sobat, bahwa ternyata si imut KIA All New Picanto punya fitur-fitur brilian. Jika masih banyak orang yang memandang brand KIA sebelah mata, itu hanya karena mereka baru mendengar doktrin-doktrin pecinta brand mainstream belaka. Para reviewer professional sudah lama mengerti dan mengagumi kualitas, kenyamanan dan desain mobil-mobil Korea yang sangat berkelas.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

6 thoughts on “Fitur Day Night View Mirror Pada KIA All New Picanto Tambah Kenyamanan Berkendara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *