Daihatsu Sigra, MPV LCGC Impian Keluarga

CaruserMagz.com – Daihatsu dan Toyota kembali menjalin kerjasama di Indonesia dengan meluncurkan produk terbaru. Menariknya, produk baru yang diluncurkan pada Agustus 2016 lalu ini berada di segmen low cost green car (LCGC) yang saat ini penjualannya tengah mengalami peningkatan.

 

Untuk Daihatsu menamakan produk LCGC terbarunya ini dengan Sigra sementara Toyota, Calya. Dua pabrikan ini sebelumnya telah bekerjasama dan melahirkan mobil seperti Toyota Avanza-Daihatsu Xenia dan Toyota Rush-Daihatsu Terios. Nah, kali ini kami akan melihat seperti apa spesifikasi, fitur dan teknologi yang disematkan pada Daihatsu Sigra.

 

Daihatsu Sigra hadir sebagai kendaraan city car yang mampu menampung hingga 7 orang di kelasnya. Sebelumnya produk LCGC yang memiliki kapasitas 7 penumpang yang dimiliki Datsun. Namun dengan teknologi, fitur dan mesin yang ditawarkan Daihatsu, Sigra berhasil menarik perhatian dan mampu terjual hingga ribuan unit hanya dalam sebulan sejak diluncurkan.

 

Secara tampilan, mobil multi perpose vehicle (MPV) ini hadir dengan tampilan yang elegan serta modern. Hal ini dapat terlihat pada bagian depan, dengan tampilan Multireflector headlamp yang dibuat meruncing serta dikombinasikan dengan lampu sein pada sudutnya.

 

Pada bagian moncong, grille Daihatsu Sigra dilapisi krom dan dibuat menyatu dengan kedua headlamp hal ini membuat tampilannya lebih stylish dan modern. Sedikit bergeser ke bagian bawah, terdapat grille dengan bentuk trapezoidal dengan kombinasi aksen krom pada rumah fog lamp membuat tampilan wajah mobil ini semakin sporty.

 

Bagian bumper depan didesain Daihatsu dengan gaya sporty dan dikolaborasikan dengan grille trapezoidal tadi yang dilapisi krom. Pada bagian sisi, terdapat lekukan garis dan lekukan halus yang menjadikan mobil ini makin tampak stylish. Pada bagian belakang terdapat buritan dengan lampu berbentuk huruf ‘L’ terbalik yang dikombinasikan dengan reflector horizontal.

 

Kemewahan juga tampak pada bagian handle pintu belakang yang sudah disematkan aksen krom serta logo Daihatsu di bagian tengahnya. Pada bumper bagian bawah sudah disematkan 2 parking sensor, yang mempermudah pengendara pada saat parkir kendaraannya.

 

Secara dimensi, Sigra memiliki panjang 4,070 mm panjang 1,655 mm dan lebar 1600 mm, whellbasenya mencapai 2,525 mm. Sementara untuk ukuran velgnya adalah 14 inci.

 

 

Masuk ke bagian kabin. Daihatsu Sigra menjanjikan, dengan body panjang pastinya ruang bagian dalam mobil ini luas untuk mobil sekelasnya. Di bagian depan kabin Dashboard Sigra hadir dengan desain 2-Tone Color, pastinya kesan modern dan stylish terpancar dari kabin bagian depan ini serta dibenamkan Dual SRS Air Bag.

 

Pada bagian multi informasion display (MID) terdapat lima fungsi yakni Average Fuel Consumption (AVG), Range Meter (RANGE), Trip Meter/Odo Meter(Trip A/B), Fuel Bar, Clock. Pada sisi kanan stir terdapat Switch Electric Outer Mirror untuk mengatur spion, agar lebih mudah serta fleksibel secara electric dan terdapat Switch Power Window pada bagian dalam pintu. Terdapat juga Glove Box pada bagian bawah.

 

Dashboard serta Front Power Outlet yang menjadi sumber listrik pada kabin baris pertama dan beberapa Multifunction Storage, Front Door Trim Pocket, Card Holder, Lower Center Cluster Pocket, Rear Door Cup, Seat Back Pocket, Rear Quarter Trim Pocket, Coint Tray.

 

Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan fitur seperti power window di semua bagian pintu, electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, Eco Mode, wiper belakang serta Fog Lamp.

 

Pada bagian dapur pacu, Daihatsu Sigra hadir dengan menggunakan mesin bertipe tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1,2 liter 4 silinder yang daya hingga 88 PS. Di samping mesin 1.200 cc, Daihatsu Sigra juga memiliki mesin 1.000 cc. Mesin ini bisa daya mencapai 88 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm sertab torsi maksimal hingga 108 Kgm pada putaran ke 4.200 rpm.

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *