Daihatsu Ayla Facelift 2017 Diluncurkan, Ini Perubahan yang Beda dari Ayla Lama

CaruserMagz.com – Setelah kurang lebih 3 tahun diluncurkan, akhirnya Daihatsu Ayla mendapat penyegaran pertamanya. Dapat dibilang New Astra Daihatsu Ayla 2017 ini bukan sekedar facelift, tapi merupakan generasi baru dari LCGC hatchback Daihatsu tersebut.

 

Karena ada perubahan cukup signifikan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Wajah yang lebih stylist dengan desain dan berbagai aksesoris kekinian serta tenaga yang lebih besar dengan kubikasi mesin yang bertambah.

 

Diluncurkan di Vehicle Logistic Center, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sunter Jakarta pada Jumat, 7 April 2017, seremoninya dihadiri oleh beberapa petinggi ADM seperti President Director, Senior Executive Director, Marketing Director dan lainnya.

 

Amelia Tjandra selaku Marketing Director ADM memberikan pernyataannya pada seremoni peluncuran. “Kami percaya New Astra Daihatsu Ayla mampu menjawab keinginan customer akan sebuah citycar yang lebih bertenaga dan stylish dengan harga terjangkau. Tambahan varian 1.200cc menjadikan Ayla siap sebagai ‘ Sahabat Seru’ bagi masyarakat Indonesia,” Ujar Amelia.

 

Apa saja perubahan pada Daihatsu Ayla Facelift 2017 ini? Berikut ulasannya:

 
 

1. Mesin 1200cc

 

Seperti telah heboh di media, bahwa kembar Daihatsu Ayla dan Toyota Agya facelift 2017 ini akan dipersenjatai dengan mesin baru yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Mesin tersebut adalah mesin yang sama dengan milik kembaran Calya-Sigra, yaitu mesin berkode 3NR-VE 1197cc (1200cc) 4-silinder dengan teknologi dual-VVTi.

 

Pengguna Ayla 2017 1.2L akan dibuat lebih menikmati mengemudi dengan tenaga yang lebih besar hingga 88 PS pada 6000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4200 rpm. Sedangkan varian dengan mesin lama juga tetap akan hadir pada Ayla 2017 yang berpenampilan lebih stylist ini, yaitu mesin 998cc (1000cc) 3-silinder, bertenaga 65 PS pada 6000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3600 rpm.

 
 

2. Desain Fascia yang Beragam

 

Jika pada versi lama tampilan varian tertinggi dan standar hanya dibedakan oleh aksesoris chrom dan fog lamp, maka pada versi 2017 ini, perbedaan varian akan cukup signifikan dengan dibedakannya desain wajah depan, khususnya pada bagian lampu utama. bumper dan grill.

 

Daihatsu Ayla 2017 – Tipe 1.0 X-Deluxe

 

Ayla 2017 Tipe 1.0 secara kasat mata masih membawa nuansa versi lama pada lampu utamanya, perbedaannya pada desain grill dan bumper. Grill depan terlihat seperti terintegrasi dengan head lamp, hingga berkesan mirip desain wing-face milik mobil-mobil Honda.

 

Tiga list chrom pada grill atas dan memanjang hingga ke lampu utama memberi kesan Ayla 2017 ini seperti Toyota Agya versi lama yang dimodifikasi. Hanya saja plastik hitam di antara lampu dan grill atas serta grill bawah memberi sedikit perbedaan. Rumahan fog lamp yang disambungkan dengan list hitam sepanjang bumper memberi kesan cantik pada Ayla 2017 tipe 1.0 ini.

 

Daihatsu Ayla 2017 – Tipe 1.2 R-Deluxe

 

Pada  Ayla 2017 tipe 1.2, perbedaannya dari versi lama maupun dari tipe 1.0 sangat mencolok, seolah-olah ini ada mobil yang berbeda dari Ayla. Semua bagian utama di wajah dibuat terintegrasi dengan warna hitam, seperti lampu utama, grill atas dan bawah serta foglamp housing.

 

Berbagai aksesoris menghiasi wajah New Ayla 2017 1.2, seperti lampu utama dengan projecktor, LED clearance Lamp di dalam head lamp. LED-DRL juga telah menghiasi grill bawah yang diletakkan sejajar dengan lampu kabut. Bentuk lampu utama depan juga berbeda dari versi 1.0, pada tipe 1.2 lampunya sama persis dengan bentuk lampu milik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

 

Aksen chrom lebar membalut keseluruhan front body hardness, yang menjadi tempat bertenggernya plat nomor polisi. List chrom yang memanjang pada tengah grill atas nampak bersambung dengan LED di dalam lampu utama, memberi kesan elegan.

 

Di bagian belakang, Ayla tipe 1.0 dan 1.2 juga dibedakan dengan bentuk reflector pada bagian pintu bagasi. Dimana lampu reflektor tipe 1.0 terlihat lebih panjang dan berwarna dominan putih untuk menyesuaikan dengan lampu utama belakang. Sedangkan reflector pada tipe 1.2 terlihat lebih kecil dan berwarna merah.
 

 

Desain bumper belakang juga terlihat berbeda, dimana bumper tipe 1.2 nampak lebih atraktif dengan kombinasi warna hitam dan sewarna body. Bentuk spoiler belakang tipe 1.2 juga lebih sporty dibanding tipe 1.0 yang datar seperti pada versi lama.

 

Perbedaan selanjutnya adalah pada desain velg two-tone pada tipe 1.2 yang memberi kesan lebih mewah dan sporty dibanding tipe 1.0 yang velgnya single tone dan desain spoke yang sama dengan versi lama. Ukuran velg masih 14 inchi, kecuali pada tipe terendah (D), ukuran velgnya lebih kecil, yaitu 13 inchi saja. Tipe 1.2 juga mendapat side skirt dan body kit pada bumper depan juga belakang. Dari sisi bentuk dan aksesorisnya, sepertinya Ayla 1.2 ini telah layak bersaing dengan small hatchback non-LCGC seperti Honda Brio dan Nissan March.

 
 

Interior

 

Masuk ke dalam kabin New Ayla 2017, secara desain tidak begitu berbeda dengan versi lawas. Bentuk dashboard, lingkar kemudi, doortrim, konsol tengah dan kursi masih sama dengan versi lama, baik pada tipe 1.0 maupun 1.2.

 

Perubahan yang dilakukan ADM lebih ke hal-hal detail, seperti audio head unit, aksen-aksen chrom, silver dan piano-black. Pada tipe 1.2, finishing berwarna silver pada center cluster masih sama dengan versi lama, tapi head unitnya kini sudah menggunakan monitor layar sentuh yang punya konektifitas USB dan Bluetooth, DVD player dan radio FM tentu juga ada. Audio system ini juga sudah didukung oleh streeting switch control pada palang lingkar kemudi.
 

 

 

Pada tipe 1.0, aksen silver pada panel tengah diganti dengan plastic beraksen black piano yang memberi kesan lumayan bagus. Warna black piano juga hadir di doortrimnya, yaitu pada bagian arm rest. Namun audio systemnya masih seperti versi lawas dan tidak ada pengaturan control dari palang setir.

 

Sedangkan aksen chrom membalut handle pintu, list melingkari ekshaust AC dan tuas transmisi, baik pada tipe 1.0 maupun tipe 1.2. Pengaturan AC masih persis sama dengan versi lawas dengan  knop model kompor gas.

 

Hal yang kami sayangkan adalah kualitas plastic interior yang masih seperti versi lawas, yaitu plastic keras yang kental kesan murahannya. Kami berharap ada perbedaan pada varian tertinggi, misalnya tipe 1.2 matic R-Deluxe dibuat dengan plastic yang lebih tebal dan soft touch, sehingga benar-benar mampu mengungguli hatch back non-LCGC seperti KIA Picanto. Hal kedua yang kurang sedap dipandang adalah head rest yang menyatu dengan kursi, memberi kesan mobil ini adalah mobil murah yang dibuat seadanya.

 
 

Tipe dan Varian

 

Bertambahnya varian 1.2L pada Ayla 2017 ini, tentu akan menambah varian yang ditawarkan pada konsumen. Varian standar 1.0 dibagi beberapa tipe lagi, yaitu tipe D, D+, M, X, X-Deluxe dan X-Airbags. Sedangkan Varian 1.2L dibagi 3 tipe, yaitu X, R dan R-Deluxe. Semua tipe tersebut tersedia dengan transmisi manual dan otomatis, kecuali tipe D dan D+ yang hanya ada pilihan transmisi manual.

 

Varian 1.2 ditawarkan dengan hero-color orange metallic, sedangkan varian 1.0 merah metallic. Pilihan lain ada 5 pilihan warna lama, yaitu: putih, hitam, abu-abu metallic, silver dan merah.

 

Mengenai harga, OTR untuk wilayah DKI Jakarta adalah 125 hingga 146 juta rupiah untuk varian 1.2 dan 92,5 hingga 129 juta rupiah untuk varian 1.0. Lebih detail harganya dapat sobat baca pada artikel kami selanjutnya.

 

Demikianlah detail perbedaan Daihatsu Ayla 2017 dibanding versi lama. Semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat calon pembeli hatchback murah yang makin cantik ini. Jika ada pendapat dan uneg-uneg, silahkan sobat tumpahkan di kolom komentar artikel ini.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

4 thoughts on “Daihatsu Ayla Facelift 2017 Diluncurkan, Ini Perubahan yang Beda dari Ayla Lama

  • July 27, 2017 at 8:58 am
    Permalink

    yang 1.2 tampilannya lebih oke yah 🙂
    eh tapi harganya juga lebih mahal sih, hehe

    Reply
  • July 27, 2017 at 9:00 am
    Permalink

    yup agan Iskandar.. wajar lebih mahal, karena kapasitas mesin lebih besar.
    Tapi kalo dibandingi Toyota Agya, lebih murah kok.. cuma gak pake rem ABS.

    Reply
  • September 23, 2017 at 4:29 am
    Permalink

    Agya senyum jokernya bikin ilfil..
    Keselamatan g melulu soal abs sih mnurut gua..faktanya yg kclakaan kbnyakan jg yg mnyandang status safety abs..kalo org cerdas tau lah ya kpn n dimna bisa ngebut..msa iya jln licin n aspal pasir mau ngebut..hahaha
    Gua pilih ayla dah..moga ja kturutan..msh kurang nih bwt dp..hihi

    Reply
  • Pingback: Harga Daihatsu Ayla 2017 tiap Varian dan Tipe - CaruserMagz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *