Daihatsu All New Terios 2018 Resmi Diluncurkan, Apa saja Perubahannya?

CaruserMagz.com – Setelah cukup heboh dengan bocoran-bocoran spyshot, akhirnya Daihatsu All New Terios resmi diluncurkan pada kamis 23 November 2017, oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam suatu seremoni yang cukup megah di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat.

 
Daihatsu Terios generasi baru ini hadir dengan perubahan signifikan pada semua aspek. Desain eksterior baru yang lebih modern, interior baru dan tambahan fitur-fitur yang banyak. All New Terios ini diperkenalkan dengan TagLine “Daily New Adventure” yang artinya kurang lebih adalah “Petualangan Sehari-hari yang baru”.

 
All New Terios 2018 ini wajar mendapat gelar “All New”, karena nuansa Terios generasi sebelumnya benar-benar hilang. Perubahan ini analogis dengan bergantinya generasi Kijang Kapsul ke Kijang Innova. Terios yang dulunya mengotak, berubah menjadi lebih modern dengan sentuhan desain aerodinamis.

 

Desain Eksterior

 

Kita benar-benar tidak akan menemukan aroma Terios lama pada mobil baru ini. Banyak pendapat dilontarkan pecinta otomotif tentang desain eksteriornya. Ada yang mengatakan wajahnya jadi seperti Honda CR-V dengan Solid Wings Design pada grill depan dan head lamp. Ada yang mengatakan seperti MPV Cross karena tak lagi punya konde ban serap di belakangnya. Ada yang mengatakan seperti Nissan X-Trail atau Hyundai Santa Fe dilihat dari samping.

 
Dibanding kembarannya, Toyota All New Rush yang diluncurkan pada hari yang sama, All New Terios ini memberi nuansa yang lebih kalem, atau kami bilang lebih elegan. Hal itu terlihat dari lebih banyaknya gincu chrom dan aksesoris-aksesorisnya lebih simpel.

 
Jika All New Rush masih menggunakan roof rail yang cukup tinggi, Terios punya rail yang tipis di atapnya. Terios baru ini juga tidak dilengkapi aksesoris plastic hitam pada rumahan fog lamp dan side body molding. Namun punya aksen chrom yang lebih banyak.

 

Interior

 

Di dalam kabin, kursi sudah menggunakan desain semi bucket di kursi pengemudi dan penumpang depan. Harapannya kursi tersebut memberi kenyamanan dan membuat pengemudi tidak gampang lelah untuk perjalan jauh. Warna dan desain interior tidak berbeda dari Toyota All New Rush, yaitu dual-tone hitam dan putih pada dashboar dan doortrim.

 

Interior Daihatsu All New Terios 2018
Interior Daihatsu All New Terios 2018

Baca juga: Interior All New Terios dan Rush 2018 Lebih Modern
 

Fitur-fitur

 

Bukan hanya sekedar tampilan eksterior dan interior yang berubah total jadi lebih sedap dipandang, ternyata tambahan fitur-fiturnya cukup mengejutkan untuk ukuran mobil kalangan menengah yang berharga 250 jutaan rupiah.

 
Lampu depan terlihat sangat modern dengan LED DRL tipis dan lampu utama menggunakan full LED seperti pada Honda CR-V Turbo. Fitur canggih lainnya antara lain, start-stop engine button, Head unit dengan fitur Mirroring, dan 360 degree All Around View atau kamera yang memberi pandangan sekeliling mobil, seperti yang ada pada Nissan X-Trail dan Hyundai Santa Fe tipe Tertinggi.

 
Sepertinya sama dengan komparasi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, All New Terios lebih memberikan tampilan elegan di eksterior dan kesenangan fitur hiburan di interior. Sedangkan Toyota All New Rush lebih kepada fitur-fitur keselamatan yang canggih.

 

Fitur Keselamatan

 

Untuk fitur keselamatan, All New Terios sudah dilengkapi rem ABS+EBD dan dual Airbag di kabin depan. Tidak ada varian Terios dengan 6 airbag seperti pada Toyota All New Rush. Selain itu, ada juga fitur Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC). Improvement fitur safety ini sangat signifikan dan menjanjikan pengendalian dan impresi berkendara yang lebih baik.

 

Mesin dan Transmisi

 

Untuk dapurpacu, All New Terios menggunakan mesin yang sama dengan Veloz, Sienta dan Yaris, yaitu mesin berkode 2NR-FE 1.500cc 4-silinder Dual VVT-I bertenaga 105 PS dan torsi 141 Nm. Menurut pabrikan tersebut, mesin ini punya efisiensi bahan bakar 10% lebih baik dari generasi sebelumnya.

 
Daihatsu masih mempertahan penggerak roda belakang untuk All New Rush. Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Jadi tidak ada improvement signifikan pada mesinnya. Dari penelitian yang dilakukan sebelumnya, pihak ADM dan TAM menilai mesin tersebut masih relevan dengan harapan konsumen Indonesia.

 
Sayangnya Pihak ADM maupun TAM belum merilis harga resmi dari kedua low SUV ini, namun paa laman resmi Daihatsu sudah tertara harga tipe termurah adalah Rp. 195 Juta Rupiah.

 
Menurut petinggi kedua brand tersebut, harga resmi baru akan dirilis pada awal Januari 2018. Karena menunggu perubahan peraturan pajak dari pemerintah RI. Namun demikian, calon pembeli mobil ini sudah bisa menyampaikan minatnya pada dealer-dealer terdekat dan pihak sales akan membantu calon pembeli.

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *