Cara Pengereman yang Wajib Diketahui semua Pengemudi Mobil

CaruserMagz.com – Cara pengereman yang aman wajib diketahui semua pengemudi mobil. Kemampuan mengerem dengan halus adalah skill yang penting bagi setiap pengemudi mobil. Karena pengereman yang baik selain penting untuk keselamatan, juga berguna untuk kenyamanan semua penumpang.

 
Orang yang punya kemampuan mengerem dengan baik, bisa menghentikan mobil yang dia kendarai kapanpun dan dimanapun dengan halus, hingga penumpang tidak mengetahui kapan pengemudi tersebut menginjak pedal rem. Berikut beberapa keahlian mengerem yang wajib kita ketahui:

 

Mengerem dengan Engine-Brake

Kemampuan ini berguna untuk mengontrol pergerakan mobil saat harus melalui jalanan licin. Jadi untuk berjalan pelan dengan grib ban yang kuat ke jalan. Yaitu dengan mengurangi kecepatan mobil dan menurunkan gear ke gigi rendah. Sebagai hasilnya, friksi yang terjadi akan mengurangi kecepatan mobil.

 

Mengerem untuk Memperlambat Mobil

Saat pengereman untuk mengurangi kecepatan mobil, pengemudi melepaskan akselerator (pedal gas), lalu berganti ke pedal pengereman dan mendorongnya perlahan sampai mobil mencapai kecepatan yang diinginkan.

 
Poin kunci dari keterampilan ini adalah prosesnya yang dilakukan dengan lembut, jangan menginjak rem dengan cepat. Agar tidak terjadi pengereman mendadak, jaga jarak dengan kendaraan di depan hingga masih bisa mengerem dengan smooth saat kendaraan di depan mengurangi kecepatan atau berhenti.

 

Rem untuk Berhenti Sepenuhnya

Untuk menghentikan mobil sepenuhnya memerlukan teknik yang berbeda sesuai kondisi yang terjadi. Sekali lagi, manajemen jarak dengan kendaraan lain di depan perlu dijaga hingga pengereman bisa dilakukan secara efesien dan efektif.

 
Jika kendaraan lain atau rintangan masih jauh, kita bisa menekan rem dengan lembut untuk mengurangi kecepatan dan menghindari hentakan bagi penumpang di mobil. Namun, dalam hal rintangan yang terlalu dekat, pengemudi mau tidak mau harus menekan rem dengan kuat dan cepat untuk menghindari benturan.

 
Pengemudi yang baik lebih mementingkan kenyamanan penumpangnya daripada keegoisannya untuk melaju dengan kencang. Sehingga kebutuhan untuk mengerem dengan lembut menjadi prioritasnya.

 

Pengereman Gabungan

Pengereman gabungan adalan cara mengerem yang memamfaatkan semua potensi yang ada untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan mobil dalam jarak yang pendek.

 
Memperlambat laju mobil adalah keterampilan penting yang harus diketahui semua pengemudi. Tekniknya mungkin terdengar rumit bagi pemula, namun sebenarnya cukup mudah jika sering dilakukan. Lama kelamaan menjadi kebiasaan dan reflek.

 
Dalam kondisi emergensi sehingga dibutuhkan jarak pengereman yang lebih pendek, keterampilan pengereman gabungan diperlukan. Hal ini berguna untuk menjaga agar diri kita sendiri dan kendaraan lain tetap aman atau terhindar dari kecelakaan.

 
Triknya adalah menekan pedal rem dengan cepat sambil menurunkan gear ke level yang lebih rendah. Jika ternyata itu tidak cukup untuk menghentikan mobil, rem tangan juga mungkin perlu digunakan.

 

Kesimpulan

Meskipun hanya salah satu kemampuan dalam teknik mengemudi, Pengereman merupakan keterampilan paling penting yang harus dikuasai semua pengemudi. Salah satu cara untuk menguasai pengereman dasar tersebut adalah belajar mengemudikan mobil manual dengan fitur pengereman yang minin, tanpa ABS+EBD+BA atau pun Hill Start Assist.

 
Ada banyak kemampuan pengereman lanjutan yang perlu dipelajari, seperti teknik rem saat terjebak macet di tanjakan, rem saat harus menikung dengan tajam dan lain sebagainya. Dengan mobil tanpa fitur bantuan rem elektronik, kita bisa memahami karakteristik pengereman yang sebenarnya dan menjadi tidak ketergantungan dengan fitur canggih.

 
Kami menyarankan agar sobat yang sedang belajar mengemudi tidak nekat keluar ke jalan raya sebelum menguasai teknik dara pengereman. Karena skill tersebut bukan hanya untuk menjaga keselamatan diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lain.

 
Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *