Beda Toyota Rush vs Daihatsu Terios 2018 Generasi ke-2, Ini Perbandingannya

CaruserMagz.com – Toyota Rush dan Daihatsu Terios generasi kedua baru resmi dijual di Indonesia pada Januari 2018, meskipun sudah diperkenalkan pada akhir tahun 2017. Sobat yang sedang menimang-nimang akan membeli yang mana dari Low SUV kembar tersebut, tentu ingin tahu lebih detail apa saja beda Toyota Rush vs Daihatsu Terios 2018 generasi baru ini.

 
Rush dan Terios memang selalu dibuat dengan bentuk keseluruhan yang sama, namun bila dibandingkan secara detail, ada banyak perbedaan antara SUV kembar tersebut. Misalnya dalam hal aksesoris eksterior, fitur keselamatan, fitur hiburan, kelengkapan interior, hingga ke jumlah varian dan harga.

 
Berikut kami rangkumkan apa saja perbedaan Rush dan Terios generasi baru yang mulai Januari 2018 sudah bisa dipesan.

 

PERBEDAAN HARGA

 
Dalam hal harga, sudah kita ketahui bahwa kedua brand ini seperti kasta yang berbeda. Dimana Toyota Rush selalu lebih mahal dari Daihatsu Terios. Tentu selain brand itu sendiri, perbedaan harga tersebut berimplikasi pada perbedaan fitur.

Namun Daihatsu Terios dibuat dengan pilihan varian yang lebih banyak untuk menjangkau calon konsumen yang beragam baik dari segi kebutuhan maupun anggaran yang tersedia.

 
Berikut perbedaan harga Rush vs Terios 2018 berdasarkan variannya masing-masing:

Toyota Rush

Rush 1.5 G M/T Rp 239.900.000
Rush 1.5 G A/T Rp 249.900.000
Rush 1.5 TRD M/T Rp 251.300.000
Rush 1.5 TRD A/T Rp 261.300.000

Daihatsu Terios

Terios 1.5 X MT Rp 195.200.000
Terios 1.5 X MT Deluxe Rp 205.200.000
Terios 1.5 X AT Deluxe Rp 215.200.000
Terios 1.5 R MT Rp 227.900.000
Terios 1.5 R AT Rp 237.900.000
Terios 1.5 R MT Deluxe Rp 237.900.000
Terios 1.5 R AT Deluxe Rp 247.900.000

 
Dari daftar harga tersebut dapat kita simpulkan bahwa pada tipe tertinggi, Toyota Rush TRD lebih mahal Rp. 13,4 Juta dibanding Terios R Deluxe, baik tipe manual maupun matic.

Namun bagi sobat yang tertarik memiliki SUV ini, namun hanya punya uang di bawah 200 juta, bisa memilih Terios tipe terendah, yaitu Terios X MT yang hanya dibanderol Rp. 195,2 juta.

 

PERBEDAAN EKSTERIOR

 
Dari tampilan luar, kedua mobil ini bisa dibedakan dengan cukup jelas. Misalnya dari berbagai aksesoris dan fitur eksterior. Beberapa perbedaan mencolok dari segi eksterior antara lain:

 

Aksen Krom

Sama seperti beda Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Terios punya lebih banyak aksen krom, khususnya pada tipe tertinggi. Grill Terios dipenuhi krom hingga agak berlebihan. Namun mungkin hal itu merupakan hasil riset ADM terhadap selera orang Indonesia yang menganggap krom sebagai visualisasi dari kemewahan mobil. Sedangkan Toyota Rush lebih minin krom, bahkan bagian grill depan diberi aksen krom yang kehitaman, hingga terlihat lebih kalem.

 

Side Body Molding

Penampakan samping tipe tertinggi dari kedua LSUV ini terlihat jelas, yaitu adanya side body molding warna hitam di pintu samping Toyota Rush TRD Sportivo, sementara Daihatsu Terios R Deluxe pintunya terlihat polos tanpa aksesoris.

 

Fog Lamp Housing

Toyota Rush TRD dibuat seperti lebih berotot dengan aksen plastik hitam pada pintu dan foglamp housing. Sedangkan pada Daihatsu Terios, rumahan lampu kabut terlihat standar dan berbalut aksen krom.

 

Desain Velg

Desain spoke velg juga sangat berbeda. Pada Toyota Rush, velgnya terlihat lebih sporty dengan model baling-baling kipas. Sedangkan pada Terios terlihat lebih elegan dengan spoke bintang yang lebih datar.

 

Aksen Hitam di Belakang

Pada bagian belakang Daihatsu Terios, ada aksen hitam yang menghubungkan kedua lampu belakang. Aksen tersebut cukup lebar hingga membuat kedua lampu serta emblem daihatsu tergabung dalam satu device. Bagian tersebut tidak ada pada Toyota Rush.

 

Beda Belakang Rush vs Terios 2018
Beda Belakang Rush vs Terios 2018

Baca juga: Beda Toyota Rush Tipe G vs TRD Sportivo

 

PERBEDAAN INTERIOR

 

Bahan Interior Soft Touch

Toyota memberikan kenyamanan yang lebih pada penumpang Rush 2018 ini dengan bahan soft touch. Sehingga kita akan mendapatkan beberapa bahan soft touch pada dashboard dan door trim Rush yang tidak kita temukan pada Daihatsu Terios.

 

Head Rest

Sama dengan perbedaan Avanza vs Xenia, kursi baris kedua Rush punya 3 head rest, sedangkan Terios hanya ada 2, penumpang tengah harus rela tidak ada headrest.

 

Sabuk Pengaman

Senada dengan headrest, penumpang tengah Daihatsu Terios juga harus legowo dengan sabuk pengaman 2-titik saja, sedangkan pada Rush, sudah disediakan sabuk pengaman 3-titik yang bisa ditarik dari bagian atap.

 

Jumlah Speaker

Pada Rush TRD Sportivo sudah dilengkapi 8 speaker, sedangkan Daihatsu Terios tipe tertinggi hanya ada 6 speaker.

 

PERBEDAAN FITUR

 

Airbag (Kantung Udara)

Toyota menetapkan standar keamanan baru yang lebih tinggi untuk Toyota Rush TRD Sportivo, yaitu dengan hadirnya 6 airbag layaknya mobil-mobil Eropa. keenam airbag tersebut meliputi dual airbag di depan, 2 di bagian samping penumpang depan dan 2 lagi di sepanjang kaca samping. Sedangkan Daihatsu Terios masih dengan standar airbag mobil di Indonesia pada umumnya, yaitu dual airbag saja.

 

Kamera 360 Degree

Daihatsu Terios diberi kelebihan dalam hal fitur 360 view camera dengan total ada 4 kamera, yaitu 2 di samping pada spion, 1 di grill depan dan 1 di pintu bagasi. Sedangkan Toyota Rush tidak punya fitur canggih ini.

 

Indikator Sabuk Pengaman

Fitur ini membuktikan bahwa Toyota lebih fokus pada keselamatan, yaitu dengan menyematkan indikator penggunaan sabuk pengaman pada semua kursi termasuk kursi penumpang baris ke-3. Sedangkan Daihatsu Terios tidak dilengkapi fitur ini, lokasi lampu indikator digantikan dengan slot tempat menaruh kartu.

Untuk kursi depan, jika penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman makan lampu indikator akan menyala kemudian disusul dengan warning bunyi yang makin kencang, persis seperti pada Toyota Avanza. Sedangkan untuk kursi penumpang baris kedua dan ketiga, hanya memberikan indikator lampu yang menyala merah.

 
Baca Juga: Beda Fitur Tipe Daihatsu Terios 2018 Generasi Baru

 
Itulah hal-hal yang menjadi perbedaan dari Toyota Rush vs Daihatsu Terios 2018. Semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat yang sedang bimbang apakah akan membeli Rush atau Terios. Kedua LSUV tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, dimana Rush lebih unggul dalam hal fitur keselamatan, dan Terios unggul pada fitur multimedia.

Jika sobat pembaca punya informasi tambahan mengenai perbedaan kedua mobil ini, silahkan dituliskan pada kolom komentar artikel ini.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *