Mobil ini Kecelakaan Parah gara-gara karpet, Perhatikan Aksesoris Mobil Anda!

CaruserMagz.com – Aksesoris mobil ternyata bisa membahayakan, jangan mau mati konyol karena aksesoris mobil yang didesain dengan tidak memperhatikan faktor keselamatan.

Kejadian ini menjadi viral di sosial media, sebuah mobil MPV terlihat hancur berantakan bagian depannya setelah menabrak benda keras dalam kecepatan tinggi.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, seseorang merekam kondisi kabin mobil, khususnya di depan kursi pengemudi. Setelah dicek, ternyata karpet di kabin pengemudi kemungkinan besar menjadi penyebab kecelakaan hebat tersebut.

Bentuk karpet tersebut didesain untuk tidak melapisi bagian bawah pedal gas. Mungkin maksudnya agar tidak mengurangi ruang tekan pedal gas, karena karpet yang cukup tebal.

Namun ternyata karpet tersebut menghasilkan kondisi berbahaya yang tidak disadari sang pemilik mobil. Saat ditekan dalam, pedal gas sampai melewati bagian bawah karpet lalu tertahan tepian karpet, tidak bisa kembali ke posisi release.

Akibatnya pedal gas tertahan dalam kondisi gas pol, lalu mobil tak bisa dihentikan. Mungkin pengemudi itu juga tidak menyadari mengapa mobil itu tetap melaju kencang walau kakinya sudah tidak menginjak pedal gas.

Kejadian ini seharusnya menjadi pelajaran bagi kita, khususnya bagi sobat yang suka mendandadi mobil dengan berbagai aksesoris. Jangan sampai hanya karena ingin memuaskan mata demi melihat mobil terlihat indah, kita mencelakakan diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi, atau pengguna jalan lain yang tidak berdosa.

Selain contoh karpet maut tersebut, fenomena aksesoris berbahaya ini sebenarnya ada banyak, misalnya sekarang sedang marak aksesoris tanduk depan dari bahan logam tebal yang membuat mobil tampak sporty. Tapi sebenarnya itu mengandung bahaya untuk penumpang mobil tersebut dan pengguna jalan lain.

Baca juga: 5 Aksesoris Mobil Berpotensi Bahaya

Bagian depan mobil didesain sebagai crumple-zone, yang mudah hancur jika terjadi tabrakan hebat. Tujuannya adalah menyerap energi benturan untuk mengurangi efek tabrakan di dalam kabin. Sehingga kemungkinan selamat penumpang lebih tinggi.

Jika bagian depan diperkeras dengan tanduk baja, maka semua energi benturan akan masuk ke kabin, penumpang akan terhentak dengan keras dan risiko kematian lebih besar. Apakah kita akan mengorbankan jiwa demi menyelamatkan ruang mesin?

Selain itu, desain depan mobil yang cenderung membulat tanpa tambahan hardness logam ditujukan untuk keselamatan pejalan kaki jika tertabrak mobil, atau disebut pedestrian protection. Jika ditambahi tanduk yang garang itu, pejalan kaki yang tertabrak dengan tidak begitu keras pun bisa kehilangan nyawa.

Masih banyak lagi aksesoris mobil yang sebenarnya berbahaya, itu hanyalah beberapa contoh saja. Maka perhatikan mobil sobat! Cek dan fikirkan apa kemungkinan risiko dari aksesoris-aksesoris yang terpasang, jika bahayanya lebih besar, lebih baik dilepas.

Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *