Audi A5 Generasi Kedua Diluncurkan dengan Peningkatan Teknologi dan Performa

CaruserMagz.com – Untuk dapat bersaing dengan rival-rival model coupe lainnya seperti Mercedes Bens C-Class dan BMW 4-Serries, Audi menyegarkan coupe Audi A5 kemarin (03/06/2016) di Jerman, dengan facelift pada eksterior, peningkatan teknologi, fitur dan performa yang signifikan. Sehingga mobil ini menjadi lebih cantik, lebih cepat, lebih hemat bahan bakar dan lebih ringan.

Audi A5 Second Generation
Audi A5 – Generasi Kedua Diluncurkan di Jerman

Perubahan Eksterior

Konsep keseluruhan wajah sebenarnya tidak begitu jauh perubahannya dari Audi A5 generasi pertama. Facelift ini membuat wajah Audi A5 menjadi lebih simpel dan elegan, seperti head lamp yang dikurangi sudut-sudutnya sehingga lebih nampak tajam, grill depan yang lebih panjang dengan perubahan bentuk dari segiempat menjadi segi enam dan fog lamp yang diganti dengan aksen chrom.
Audi A5 Perubahan pada Facelift 2016
Audi A5 Perubahan pada Facelift 2016
Pada bagian belakang, Audi A5 telah mendapatkan bumper yang baru yang dilengkapi integrated rear spoiler dan lampu LED yang berbeda. Hal yang baru lainnya pada facelift 2016 ini adalah garis aerodinamis yang ditambah pada kap mesin dan desain velg alloy yang baru.
Audi A5 baru lebih panjang dari generasi lawas, khususnya pada jarak antar sumbu roda, sehingga Audi mengklaim bahwa new Audi A5 ini mempunyai ruang kabin yang lebih luas.

Lebih Ringan

Audi mengklaim bahwa Audi A5 baru ini lebih ringan 60 kg dari A5 generasi pertama. Perubahan tersebut terjadi karena penggantian bahan sasis menjadi logam campuran aluminium dan hi-strength metal yang memungkinkan mobil ini menjadi lebih ringan sekaligus lebih kuat.

Lebih Cepat dan Lebih Efisien

Tipe tertinggi dari Audi A5 adalah Tipe S5 yang menggendong mesin 3 liter, 6 silinder (V6) dengan tambahan turbocharge yang bisa menyemburkan tenaga hingga 354 HP. Tenaga tersebut lebih tinggi 21 HP dibanding S5 generasi sebelumnya. Performa Audi S5 ini ditopang oleh penggerak semua roda (quatro all wheel drive). Mesin turbo tersebut akan dikawinkan dengan transmisi triptonic 8 percepatan.
Namun untuk pasar eropa, Audi A5 akan disediakan tipe yang lebih terjangkau oleh konsumen. Tipe downgrade tersebut dipersenjatai 5 kapasitas mesin yang berbeda-beda, dengan range tenaga dari 190 hingga 286 HP, dengan transmisi bervariasi dari manual 6 percepatan, otomatis 7 percepatan dan triptonic 8 percepatan. Transmisi otomatis 7 percepatan akan disematkan pada tipe medium dengan mesin 3 liter bertenaga sekitar 218 HP, sedangkan triptonic 8 percepatan hanya akan ada pada tipe tertinggi yang bertenaga 286 HP.
Mesin turbo pada tipe tertinggi, Audi S5, tentunya akan memberikan efisiensi bahan bakar yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan tenaga hingga 132HP lebih tinggi dibanding Audi A5, dengan volume mesin 3 liter yang sama.

Fitur Canggih

Berbagai fitur canggih tentunya akan disematkan pada mobil tipe coupe ini, karena memang diperuntukan bagi konsumen yang menginginkan prestise dan kharisma dari tunggangannya. Layaknya coupe lainnya, New Audi A5 ini dijejali fitur canggih di dashboard dan kelengkapan instrumentnya.
Head unit 12,3 inci yang berbentuk seperti i-pad bertengger di tengah dashboard, dengan layar display sebesar 8,3 inci. Head unit ini dapat dikoneksikan dengan Apple Carplay dan Android, dilengkapi fitur satellite navigation dan pengaturan dengan suara (voice recognition).
Interior Audi A5
Interior Audi A5 – Desain Dashboard
Sedangkan instrument di balik lingkar kemudi sudah dilengkapi dengan: petunjuk cara menghemat bahan bakar (fuel saving assistance), yang mungkin berfungsi seperti fitur eco driving, petunjuk arah kendaraan yang membantu pengemudi untuk menjaga mobil pada sisi jalan yang benar, system pengenal rambu-rambu lalu lintas berbasis kamera dan lain sebagainya. Canggih bukan?
Lingkar kemudi yang dibuat rata di bagian bawah memberi kesan ini mobil mewah, selain itu tentunya hal itu memberi ruang yang lebih bagi kaki pengemudi mengingat mobil ini adalah coupe yang tentunya berdimensi rendah. Lingkar kemudi tersebut dilengkapi dengan pengaturan audio system dan instrument. AC digital dengan fitur otomatis tentunya menjadi standard pada mobil semewah ini. Hal yang cukup unik adalah exhaus AC yang dibuat sepanjang dashboard, mungkin agar temperatur kabin yang dibutuhkan penumpang bisa dicapai dengan cepat.
Jika tertarik, sobat bisa membaca posting kami yang lain:
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *