Perbedaan Suzuki Ignis Tipe GL dan GX, Perbandingan Fitur dan Aksesoris

CaruserMagz.com – Suzuki bersiap melahirkan produk baru yang ada di segmen mini crossover bernama Ignis. Mobil ini pertama kali diperkenalkan Suzuki di tanah air pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu. Kala itu, Suzuki menyatakan masih melihat pasar sebelum resmi meluncurkan produk ini.

 

Namun, kabar peluncuran Ignis sudah santer terdengar. Kabarnya mobil ini akan diperkenalkan pada awal April 2017 dan siap bersaing dengan produk-produk yang telah lebih dulu ada seperti Toyota Etios, Mitsubishi Mirage dan juga Nissan March.

 

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendatangkan Ignis bukan dari Jepang, melainkan India. Rencananya Ignis yang akan dipasarkan di Indonesia akan hadir dalam tiga varian, GL, GX Manual dan juga GX Matik. Tentunya ada perbedaan dari setiap mobil yang dipasarkan. Seperti pada varian terendah, GL, hanya akan tersedia dalam varian manual saja.

 

Apa perbedaan lainnya dari masing-masing model Suzuki Ignis?

 

Dari tampilan luarnya sudah bisa terlihat antara varian GL dan juga GX baik manual ataupun matik. Untuk varian tertingginya sudah dilengkapi dengan head lamp projector dan juga ada fog lamp serta ditambahkan juga grille yang dibubuhi dengan ornamen krom. Hal ini tentu membuat tampilan Ignis varian mahal ini tampak berbeda dan lebih mewah. Sementara pada varian GL tidak dilengkapi fitur-fitur tadi.

 

Perbedaan lain ialah dibagian spion dimana varian GX sudah dilengkapi dengan lampu sein dan juga ada roof rail di bagian atasnya. Sementara untuk Ignis GL minus roof rail dan tidak terdapat ornamen krom. Selain itu, dari bagian warna, bila varian tertinggi sudah tersedia pada pilihan warna two tone, sementar Ignis termurah masih satu warna.

 

Lantas bagaimana dengan bagian kabinnya?

 

Tampaknya seperti pada bagian eksterior, di bagian interiornya juga terdapat cukup banyak perbedaan. Seperti pada varian tertinggi sudah dilengkapi dengan tombol start engine yang memudahkan pengendara, karena menggantikan fungsi anak kunci. Artinya pengendara hanya perlu menekan tombol untuk menghidupkan atau mematikan mobil ini.

 

Selain itu, tampilan Multi-Information Display (MID) juga terbilang lengkap dengan adanya tombol audio switch control di kemudi dan adanya koneksi Bluetooth pada head unit. Untuk Ignis tertinggi juga sudah dilengkapi dengan pengaturan Air Condioner (AC) otomatis dengan climate control. Sementara pada GL pengaturan AC masih manual.

 

Sementara aksesoris lain yang terdapat pada perbedaan Suzuki Ignis yakni dari pemakaian krom yang ada dibagian bangku dimana GL dan GX berbeda. Pada bagian konsol penyimpanan tampaknya tidak ada perbedaan tiap-tiap varian Ignis ini. Untuk bagian fitur keselamatan Suzuki memandang penting sehingga tidak ada perbedaan dari keduanya.

 

 

Sebut saja fitur keselamatan yang tersedia seperti 2 titik sensor di bagian belakang. Sensor ini bisa memberi kemudahan pengemudi apabila melakukan parkir. Selain itu ada juga electric foldable mirror pada varian GX. Untuk fitur keselamatan standar yang sudah tersedia pada semua varian ialah dual airbag dan rem dengan sistem ABS, EBD dan BA.

 

Untuk urusan mesin, Suzuki menggunakan tipe mesin K12 4-silinder berkapasitas 1,2-liter, DOHC, dengan teknologi VVT. Mesin ini menghasilkan tenaga 83 PS dan torsi 113 Nm. Mesin ini terbilang irit dan hemat bahan bakar. Lantas bagaimana dengan harganya, mobil ini diperkirakan dijual dengan harga termurah, Rp 139 juta untuk Ignis GL, sementara Ignis GX M Rp 159 juta dan Ignis GX AT Rp 169 jutaan.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Perbedaan Suzuki Ignis Tipe GL dan GX, Perbandingan Fitur dan Aksesoris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *