5 Alasan Membeli Mobil Toyota, Brand Otomotif Terlaris di Dunia

CaruserMagz.com – Toyota adalah produsen otomotif terbesar kedua di dunia dan merupakan perusahaan terbesar kesembilan dalam hal jumlah pendapatan. Apa yang membuat Toyota menonjol di ramainya persaingan pabrikan mobil? Jawabannya tentu ada disisi konsumen yang memjadikan mobil Toyota sebagai kendaraan pilihannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam membeli mobil, pertimbangan harga dan biaya operasional kendaraan menjadi prioritas mayoritas pengguna mobil. Kebanyakan orang tentu menginginkan uangnya dibelanjakan dengan efisien dan mobil tidak menjadi penyedot yang serakah dalam menguras isi rekeningnya. Hal tersebut sepertinya sangat difahami oleh bisnis Toyota.

Jutaan orang di seluruh dunia menganggap Toyota sebagai standar untuk mobil. Tidak heran banyak orang menyarankan Toyota saat kita ingin membeli mobil, alasannya adalah mudahnya service dan suku cadang, keandalan serta fungsionalitas.

Toyota telah mendapatkan kepercayaan yang luar biasa dengan reputasi produk kendaraan berkualitas tinggi dan layanan terbaik selama puluhan tahun. Berikut alasan mengapa banyak orang memilih Toyota:

Toyota memproduksi kendaraan berkualitas

Toyota adalah brand mobil sejuta umat, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Toyota dipercaya dalam hal kualitas produknya yang teruji.

Walau makin banyak kompetitor membuat Toyota tidak bisa lagi memonopoli pasar otomotif seperti masa lalu, namun Toyota tetap belum terkalahkan. Bicara tentang kualitas, mobil-mobil Toyota punya sejarah yang panjang mengenai keandalan dan ketangguhannya.

Belum lagi jika terkait banyaknya line-up mobil Toyota. Pilihan varian pada tiap segmen mobil tidak ada yang tidak diisi oleh brand Jepang ini. Tidak banyak brand lain yang bisa menandingi banyaknya varian dan tipe mobil Toyota.

Mobil Toyota punya nilai jual kembali yang tinggi

Faktanya setiap mobil yang dibeli dalam keadaan baru atau bekas, akan dijual kembali oleh pemiliknya, sehingga pembeli mobil cenderung memikirkan harga jual kembali saat membeli suatu mobil. Hal ini banyak dikritik oleh pengamat otomotif, namun itu adalah keniscayaan dari logika pembeli mobil.

Toyota menjadi juara dalam hal resale-value ini. Nilai jual kembali mobil Toyota terkenal paling sedikit susutnya. Orang yang membeli mobil Toyota dalam keadaan bekas pun bisa menjual kembali mobilnya dengan harga yang layak. Itulah mengapa harga mobil bekas Toyota masih tergolong tinggi, namun tetap laris manis.

Kelly Blue Book, perusahaan riset otomotif ternama, memberi Toyota penghargaan Best Resale Value Award pada tahun 2012.

Suku cadang selalu tersedia

Ketersediaan spare-part atau suku cadang adalah salah satu alasan paling penting yang membuat Toyota menjadi brand pavorit. Kebanyakan orang tentu tidak ingin membeli mobil yang keren mentereng, namun kemudian harus menunggu berbulan-bulan jika ada suku cadang yang harus diganti, karena harus menunggu pengiriman dari negara asal pabrikan. Sehingga mobil tersebut tidak dapat digunakan dalam waktu lama.

Toyota sangat populer di seluruh dunia, jadi tidak masalah jika orang tinggal dipelosok desa atau ditengah kota, suku cadang mudah didapat dan tersedia baik di dealer yang banyak hingga di kota-kota kabupaten, maupun di toko-toko umum penyedia peralatan otomotif. Selain itu, tenaga mekanik atau montir yang mahir memperbaiki mobil Toyota juga berlimpah, karena ada banyak orang yang familiar dengan mesin dan onderdil Toyota.

Fitur keselamatan Mobil Toyota

Toyota merupakan pemenang penghargaan terbanyak dalam Top Safety IIHS 2013. Manajemen keselamatan terpadu atau Integrated Safety Management (ISM) adalah rahasia bagaimana Toyota mempertahankannya kualitas keselamatan pada produknya selama bertahun-tahun. Pabrikan tersebut merancang fitur keselamatan dengan menilai kondisi pengemudi, kendaraan, lingkungan, dan interaksi timbal balik di antara faktor-faktor tersebut.

Toyota juga mempertimbangkan daya beli konsumen di setiap Negara dalam penyediaan fitur keselamatan, karena berbagai fitur yang terlalu canggih belum tentu bisa diaplikasikan pada kondisi lalu lintas dan jalan di setiap Negara.

Upaya Toyota untuk ramah lingkungan

Sebagaimana kita ketahui, Toyota belum pernah tersangkut skandal emisi seperti brand-brand besar Eropa, semisal Volkswagen atau Porsche. Toyota punya reputasi yang baik dalam hal emisi gas buang, sehingga brand ini di banyak negara dianggap environmental friendly.

Baca juga: Alasan Mengapa Toyota Avanza Tak Terkalahkan

Itulah 5 alasan untuk membeli mobil Toyota yang menyebabkan brand tersebut masih menjadi pavorit di banyak negara di Dunia. Walau brand lain mungkin menyediakan kemewahan dan kenyamanan superior, masih sulit bersaing dengan brand image Toyota yang sudah sangat kuat. Namun kejayaan itu dipergilirkan, tidak ada yang abadi!

Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *