10 Fitur Safety (Keselamatan) pada Mitsubishi Xpander

CaruserMagz.com – Sebagai pendatang baru di segmen low MPV yang paling digemari di Indonesia, Mitsubishi Xpander harus memiliki differensiasi yang mencolok untuk menarik hati konsumen. Untuk itu, Mitsubishi menghadirkan fitur yang berlimpah, hingga mendekati fitur-fitur mobil mewah, khususnya pada fitur safety atau keselamatan.

 

Mitsubishi melengkapi Xpander dengan fitur yang lumayan banyak, bahkan untuk varian terendah. Fitur safety yang lengkap tersebut menyebabkan Xpander punya value for money yang jauh lebih tinggi dari para kompetitor. Karena pad MPV lain, fitur seperti ABS tidak ada pada tipe standar dengan harga yang tidak jauh selisih dari Xpander.

 

Apa saja fitur safety pada Mitsubishi Xpander? Ini daftar dan penjelasannya:

1. Dual SRS-Airbag – Kantung udara sudah disematkan pada kabin depan semua tipe Xpander, termasuk tipe GLX sebagai varian terendah.

 

2. Teknologi Rem Canggih – Antara lain fitur ABS+EBD pada semua tipe. ditambah Fitur BA untuk tipe Sport dan Ultimate. Sedangkan pada kompetitor, tidak selengkap ini. Baca lebih detail pada artikel ini: Fitur Rem Xpander Terlengkap.

 

3. Active Stability Control (ASC) – Fitur ini berfungsi menjaga stabilitas mobil saat menikung pada kecepatan tinggi, sehingga mobil tidak mengalami under-steer atau over-steer. Xpander sama dengan Mobilio dalam hal fitur ini, yaitu sudah ada di tipe tertinggi. Sedangkan MPV lain tidak memiliki fitur ASC.

 

4. Hill Start Assist Control (HSA) – Fitur ini mencegah mobil mundur saat harus berhenti di tanjakan, misalnya karena terjebak macet di tanjakan. MPV lain yang punya HSA adalah Mobilio tipe RS. Ini adalah fitur canggih yang dulunya hanya ada pada mobil mewah, seperti Honda CR-V dan mobil-mobil Eropa.

 

5. Emergency Stop Signal (ESS) – Fitur ini memberi tanda pada kendaraan lain baik di depan, belakang maupun samping.  Yaitu semua lampu akan menyala berkedip-kedip jika pengemudi mengerem secara mendadak. Sehingga pengemudi kendaraan lain bisa lebih waspada.

 

6. Reinforced Impact Safety Evolution – Ini adalah teknologi rangka body yang dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat. Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar.

 

7. Pedestrian Protection – Desain moncong depan Mitsibishi Xpander dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pengguna jalan lain. Dalam kasus mobil ini menabrak orang, cidera diminimalkan dengan bentuk depan yang membulat, tidak tajam-tajam dan terbuat dari bahan non-logam. Hendaknya pengguna Xpander tidak menambakan hardness seperti tanduk logam yang menghilangkan fungsi ini.

 

8. Kamera Parkir – Rear Camera sudah disematkan pada Xpander Ultimate sebagai varian termewah. fitur ini sangat berguna saat memarkir mobil, sehingga bisa mencegah kerusakan bumper bekalang atau dari menabrak orang yang berada di belakang mobil.

 

9. Head Rest Adjustable – Head rest pada Mitsubishi Xpander sudah adjustable semua, atau bisa diatur ketinggiannya sesuai postur tubuh  penumpang. Head rest juga merupakan fitur keselamatan karena menjaga cidera leher jika terjadi tabrakan.

 

10. Safety Belt 3-Titik – Sabuk pengaman sudah disediakan dengan desain 3-titik untuk semua penumpang, termasuk penumpang tengah di baris kedua. Sabuk pengamannya bisa ditarik dari atap sebelah kanan.

 

Low MPV Mitsubishi ini menawarkan fitur berlimpah, kehadirannya cukup menggebrak pasar otomotif tanah air. Hampir sama dengan kehadiran Suzuki Ertiga yang kaya fitur. Namun Xpander ternyata punya banyak kelebihan dari Ertiga maupun Avanza, sehingga lebih menarik.

 

MPV dari brand lain harus segera berbenah jika tidak ingin tersingkir dari persaingan dengan Xpander. Tak hanya fitur, tampilan eksterior dan kemewahan kabin juga sangat menarik. Selanjutnya mungkin Mitsubishi bisa memikirkan untuk menyediakan varian berpenggerak roda belakang umtuk bersaing dengan Avanza dan pilihan varian dengan tenaga mesin yang lebih besar untuk mengungguli Honda Mobilio atau low SUV seperti Rush dan BR-V.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *