1,15 Juta Honda Accord Kena Recall di Amerika karena Risiko Kebakaran

CaruserMagz.com – Honda Accord generasi ke-10 baru saja diluncurkan di Amerika Serikat. Namun ada berita kurang sedap untuk Accord generasi sebelumnya. Honda Amerika secara resmi mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) pada Accord keluaran tahun ┬átertentu, karena adanya risiko terbakar.

 

Honda yang direcall adalah yang diproduksi pada rentang tahun 2013 hingga 2016, Honda menyatakan jumlahnya tidak kurang dari 1.150.000 unit Accord. Risiko kebakaran yang dapat terjadi karena kesalahan pada sensor battery 12-volt.

 

Lebih detail, masalah intinya adalah sealing yang kurang baik pada sensor tersebut yang berpotensi mengakibatkan korosi atau pengkaratan. Dalam waktu lama, jika sensor tersebut terus terbuka akan kontak dengan moisture (kandungan air di udara) dan terjadi korosi, selanjutnya karat akan menyebabkan terjadinya korsleting dan memicu kebakaran pada ruang mesin.

 

Sensor tersebut diletakkan pada kabel negatif battery di ruang mesin. Sensor ini bertugas membaca kondisi daya battery dan menginformasikan ke pengemudi melalui display cluster meter jika battery bermasalah.

 

Recall ini bukan terjadi begitu saja, melainkan sudah memakan korban 4 mobil Accord di Amerika Serikat, yang mengalami kebakaran hebat pada ruang mesin. untungnya tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

 

Honda Amerika akan mengirim email kepada para pemilik Honda Accord yang terkena recall paling lambat akhir Juli 2017. Kemudian mereka harus mengirim mobilnya ke bengkel resmi honda terdekat untuk dilakukan Diasnostic Troubleshooting Code (DTC), pengetesan sensor battery dan dilakukan penggantian sensor.

 

Honda menyatakan, karena jumlah recall yang banyak dan waktu yang sempit, mereka belum menyiapkan part pengganti yang cukup. Sehingga belum bisa dilakukan penggantian secara serentak. Accord dengan sensor yang sudah kritis saja yang akan segera diganti.

 

Para teknisi bengkel resmi akan mengecek kondisi sensor tersebut, jika masih bisa digunakan, maka sementara akan diseal dengan adhesive seal untuk mencegah kontak dengan moisture. Jika sensor pengganti sudah tersedia, pemilik tersebut akan dipanggil lagi untuk penggantian.

 

Belum ada kabar dari Honda Prospect Motor apakah Honda Accord di Indonesia dengan produksi tahun yang sama juga mengalami masalah ini. Semoga hanya terjadi pada Honda Accord yang diproduksi di Amerika, sehingga pemilik Accord di negara kita tidak perlu repot dan khawatir.

 

Salam Otomotif!

 

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *